• Minggu, 14 Agustus 2022

Dorong Ketahanan Pangan Desa, Distan Kabupaten Serang Sarankan Tanam Cabai Terong dan Pepaya

- Selasa, 24 Mei 2022 | 20:54 WIB
 Masyarakat Desa Sigedong, Kecamatan Mancak mengikuti pelatihan pertanian untuk mewujudkan ketahanan pangan, Selasa 24 Mei 2022. (tanjung/bantenraya.com)
Masyarakat Desa Sigedong, Kecamatan Mancak mengikuti pelatihan pertanian untuk mewujudkan ketahanan pangan, Selasa 24 Mei 2022. (tanjung/bantenraya.com)

BANTENRAYA.COM - Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Serang gencar memberikan penyuluhan ke desa-desa untuk mendukung program ketahanan pangan di desa.

Desa-desa di Kabupaten Serang diarahkan untuk mengalokasikan sebagian anggaran dana desa (DD) untuk program ketahanan pangan.

Koordinator Penyuluh Kabupaten Distan Kabupaten Serang Agung Lili Saputra mengatakan, pihaknya diundang oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Sigedong, Kecamatan Mancak untuk menjadi narasumber terkait dengan perencanaan program ketahanan pangan di desa tersebut.

"Permintaan dari pemerintah desanya terkait dengan teknis budidaya cabai merah tapi ada beberapa komoditi lain yang akan digali potensinya. Tadi (kemarin-red) saya menyampaikan empat komoditi yakni cabai merah, cabai rawit, terong, dan pepaya yang bisa dikembangkan," ujar Agung, Selasa 24 Mei 2022.

Baca Juga: GAMPANG! Cara Download Video TikTok Tanpa Watermark di SnapTik, SSS dan Save TikTok

Ia menjelaskan, terkait dengan empat komoditas yang diusulkan untuk dikembangkan potensinya untuk di Desa Sigedong cukup bagus.

"Secara umum yang ditanyakan oleh peserta penyuluhan tekait hama penyakit, terus bagaimana penggunaan pupuk yang mungkin selama ini informasi yang mereka dapat masih minim," katanya.

Agung menuturkan, untuk dapat mewujudkan ketahanan pangan di desa yang pertama-tama harus dibangun masyarakat dengan pemerintah desanya harus kompak terlebih dahulu dan harus satu visi terkait dengan pembengan pertanian yang ada di desa mereka.

Baca Juga: Simak Lagi! 10 Gejala Hepatitis Akut Misterius, Waspada Jika Timbul Hal Ini

Halaman:

Editor: M Hilman Fikri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sejarah dan Biografi Baden Powell, Bapak Pramuka Dunia

Minggu, 14 Agustus 2022 | 08:42 WIB

14 Agustus 2022 Diperingati Hari Apa? Simak di sini!

Minggu, 14 Agustus 2022 | 08:24 WIB
X