• Kamis, 18 Agustus 2022

Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tahun 2022

- Senin, 23 Mei 2022 | 19:35 WIB
Ilustrasi pertumbuhan ekonomi. (PIXABAY/Nattanan Kanchanaprat)
Ilustrasi pertumbuhan ekonomi. (PIXABAY/Nattanan Kanchanaprat)

BANTENRAYA.COM - Perkembangan ekonomi dunia yang tidak menentu diwarnai dengan ancaman resesi di Amerika Serikat dan Uni Eropa, ditambah dengan terjadinya perang Rusia dengan Ukraina membuat beberapa prediksi pertumbuhan ekonomi bangsa Indonesia akan terpengaruh.

Beberapa pakar ekonomi pun melakukan prediksi atau memperkirakan bagaimana kegiatan ekonomi bangsa Indonesia dibawah tekanan kondisi perekonomian dunia yang fluktuatif, dari ancaman resesi, hingga kenaikan harga energi, dan ketahanan pangan dunia.

Dalam acara tahunan yang diselenggarakan oleh BNI Asset Management memberikan prediksi kondisi market dan outlook perekonomian global dari perspektif ekonomi makro.

Beberapa pembicara seperti Direksi BNI Sekuritas hingga Menko Perekonomian.
Bahkan Menko Perekonomian menyatakan pemerintah Indonesia telah menerapkan strategi dalam mempercepat laju pemulihan ekonomi pada tahun 2022 dengan menitikberatkan bahwa pemerintah akan tetap menjaga fleksibilitas APBN dan meneruskan Program PEN 2022.

Sementara itu, dalam kebijakan fiskal, Kementerian Keuangan juga menyampaikan pentingnya intensif fiskal yag ditujukan untuk mempercepat pemulihan perekonomian bangsa Indonesia.

Sehingga pemerintah tetap akan menjaga konsistensi kebijakan fiskal.

Dimana beberapa krisis yang terjadi karena pandemi dan pergolakan ekonomi dunia akan menjadi momentum agar melanjutkan reformasi structural dengan lima strategi prioritas, reformasi fiskal, dan reformasi sektor keuangan.

Bahkan perekonomian nasional lebih maju dengan menambahkan nilai perihal strategi pertumbuhan ekonomi tahun 2022 hingga 2045 diantaranya, living with pandemic, reformasi program perlindungan sosial, pembangunan infrastruktur, pemanfaatan dinamika geoolitik dan reformasi structural.

Bahkan menurut pandangan ekonom global, dimana Executive Director JP Morgan Singapore, Sin Beng Ong memberikan pandangannya terkait dengan proyeksi outlook market dan ekonomi makro pada tahun 2022.

Halaman:

Editor: M Hilman Fikri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X