• Rabu, 29 Juni 2022

Hari Lahir Pancasila Masih Jadi Perdepatan, Mana yang Benar?

- Minggu, 22 Mei 2022 | 19:21 WIB
Garuda Pancasila (Pixabay)
Garuda Pancasila (Pixabay)

BANTENRAYA.COM - Tanggal 1 Juni setiap tahun diperingati sebagai Hari Kelahiran Pancasila. Dietepkannya 1 Juni sebagai Hari Kelahiran Pancasila karena di dalamnya memiliki sejarah panjang.

Namun ada beberapa pihak yang menyebutkan bahwa Pancasila lahir bukan 1 Juni 1945 melainkan pada 18 Agustus 1945, salah satu tokoh politik yang berpendapat Pancasila lahir 18 Agustus 1945 yakni Mantan Menteri Sekretaris Negara Yusril Ihza Mahendra.

Berikuti ini sejarah singkat lahirnya Pancasila 1 Juni yang dihimpun Bantenraya.com dari berbagai sumber, Minggu 22 Mei 2022.

Baca Juga: Perputaran Uang di CFD Cilegon Tembus Rp960 Juta

Pancasila merupakan judul pidato yang disampaikan oleh Presiden RI pertama Soekarno dalam sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan pada tanggal 1 Juni 1945.

Dalam pidato inilah konsep dan rumusan awal "Pancasila" pertama kali dikemukakan oleh Soekarno sebagai dasar negara Indonesia merdeka.

Pidato ini pada awalnya disampaikan oleh Soekarno secara aklamasi tanpa judul dan baru mendapat sebutan "Lahirnya Pancasila" oleh mantan Ketua BPUPKI Dr. Radjiman Wedyodiningrat.

Sejak tahun 2017, tanggal 1 Juni resmi menjadi hari libur nasional untuk memperingati hari "Lahirnya Pancasila".

Adapun latar belakang lahirnya Pancasila tersebut yaitu, menjelang kekalahan Tentara Kekaisaran Jepang di akhir Perang Pasifik, tentara pendudukan Jepang di Indonesia berusaha menarik dukungan rakyat Indonesia dengan membentuk Dokuritsu Junbi Cosakai.

Baca Juga: Expo KKB Bahas Potensi Besar Kopi, Pariwisata, dan Kuliner Khas Banten

Halaman:

Editor: Muhaemin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kumpulan Pantun Keluarga

Rabu, 29 Juni 2022 | 09:50 WIB
X