• Rabu, 29 Juni 2022

Andai Covid-19 Ditetapkan Jadi Endemi, Biaya Penanganan Pasien Bukan Lagi dari Pemerintah

- Minggu, 22 Mei 2022 | 15:10 WIB
Meno PMK Muhadjir Effendy menyebut pembiayaan penanganan pasien Covid-19 tak lagi dari pemerintah jika Covid-19 ditetapkan sebagai endemi. (Intagram @muhadjir_effendy)
Meno PMK Muhadjir Effendy menyebut pembiayaan penanganan pasien Covid-19 tak lagi dari pemerintah jika Covid-19 ditetapkan sebagai endemi. (Intagram @muhadjir_effendy)

BANTENRAYA.COM - Pemerintah mengugkapkan ada suatu kebijakan yang akan berubah ketika pandemi Covid-19 ditetapkan sebagai endemi.

Kebijakan yang dimaksud ketika Covid-19 menjadi endemi adalah biaya penanganan pasien yang terinfeksi Covid-19 tak lagi dari pemerintah.

Perubahan kebijakan ketika Covid-19 menjadi endemi itu disampaikan disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

Baca Juga: Gus Miftah Doakan Azka Corbuzier Masuk Islam, Diprediksi Mei 2022 ini 

Dikutip Bantenraya.com dari Pikiran-rakyat.com dari berita berjudul "Jika Covid-19 Berubah Endemi, Pembiayaan Pasien Bukan dari Pemerintah Lagi" adapun biaya penanganan pasien nantinya akan dialihkan ke BPJS.

"Kalau nanti sudah dinyatakan endemi otomatis menjadi penyakit infeksius biasa. Karena penyakit infeksius biasa, penanganannya juga biasa, termasuk pembiayaannya akan dialihkan yang selama ini disubsidi oleh pemerintah, nanti akan dialihkan ke BPJS," ujar Muhadjir Effendy dalam pernyataan pada Sabtu, 21 Mei 202.

Dalam detailnya, mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) itu, menilai pandemi Covid-19 akan segera menuju tahap endemi.

Baca Juga: Klik di Sini! Link Download Game Genshin Impact untuk PC, Resmi dan Aman Mainkan

Ini berarti penanganan penyakit bukan lagi hal yang diprioritaskan, tetapi akan seperti menangani penyakit biasa.

"Yang namanya endemi itu penyakitnya masih ada, tapi sudah tidak lagi mewabah, sehingga akan diperlakukan seperti penyakit infeksius lain. Pokoknya penyakit yang berkaitan dengan bakteri, virus, dan jamur yang biasa menjadi infeksi," ujar Muhadjir Effendy

Halaman:

Editor: Jermainne Tirta Dewa

Sumber: pikiran-rakyat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kumpulan Pantun Keluarga

Rabu, 29 Juni 2022 | 09:50 WIB
X