• Rabu, 29 Juni 2022

Sidang Kasus Pungli BPN Lebak, Staf Ungkap Tiga Amplop Tebal untuk Pejabat BPN dengan Kode Kode Khusus

- Kamis, 19 Mei 2022 | 21:56 WIB
Terdakwa kasus pungli BPN Lebak memberikan keterangan kepada majelis hakim di Pengadilan Tipikor Negeri Serang, Kamis 19 Mei 2022.  (darjat nuryadin/bantenraya.com)
Terdakwa kasus pungli BPN Lebak memberikan keterangan kepada majelis hakim di Pengadilan Tipikor Negeri Serang, Kamis 19 Mei 2022. (darjat nuryadin/bantenraya.com)

BANTENRAYA.COM - Tiga amplop berisi uang dengan total Rp36 juta, disiapkan untuk tiga pegawai Kantor Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Lebak.

Hal itu diungkapkan Pahrudin selaku selaku staf Pengadministrasian Umum, Koordinator Kelompok Substansi Pengukuran dan Pemetaan, dalam sidang di Pengadilan Tipikor Negeri Serang, Kamis 19 Mei 2022.

Dalam sidang kasus pungutan liar (pungli) sertifikat hak milik (SHM) di Kantor ATR BPN Lebak kedua terdakwa Fahrudin dan terdakwa Radianto selaku Kepala Subseksi Penetapan Hak Tanah dan Pemberdayaan Hak Tanah Masyarakat pada Kantor Pertanahan Kabupaten Lebak memberikan keterangan kepada majelis hakim.

Baca Juga: Akan Ada Tersangka Lain di Proyek Revitalisasi Sentral IKM Kota Serang

Terdakwa Fahrudin mengaku dipaksa menerima titipan tiga buah amplop berisi uang oleh Ojat Sudrajat selaku pemohon yang diberi kuasa oleh Lili pemilik tanah untuk mengurus SHM tanah seluas 17.330 meter persegi di Desa Intenjaya, Kecamatan Cimarga, Kabupaten Lebak.

"Setelah diberikan (tiga amplop) saya tolak. Ada dua kali ditolak, karena takut hilang. Ojat beralibi mau ke luar kota, jadi uang saya terima untuk disalurkan," kata terdakwa kepada Majelis Hakim yang diketuai Atep Sopandi disaksikan JPU Kejati Banten Subardi, Kamis 19 Mei 2022.

Fahrudin menyebut tiga amplop berisi uang Rp36 juta itu akan diberikan ketiga pegawai BPN Lebak. Ketiganya yaitu Radianto, Ruki, dan Imam.

Baca Juga: Setubuhi Adik Teman, Pemuda Pengangguran Asal Kabupaten Serang Diamankan Polisi

"Yang memutuskan langsung dari saudara Ojat itu Rp36 juta. Rp10 juta, Rp11 juta dan Rp15 juta disiapkan Ojat dititipkan ke saya ke si a, b dan c. Radianto Rp11 juta, Ruki Rp15 juta, Imam Rp10 juta. Diserahkan di dalam mobil Avanza kendaraan Ojat di parkiran," jelasnya.

Halaman:

Editor: M Hilman Fikri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kumpulan Pantun Keluarga

Rabu, 29 Juni 2022 | 09:50 WIB
X