• Rabu, 29 Juni 2022

Makam Eks Bupati Lebak dan Istrinya Dibongkar Kemenhub, Ini Alasannya

- Kamis, 19 Mei 2022 | 07:13 WIB
Pembongkaran makam mantan Bupati Lebak ke 3 (Hudaya/Bantenraya)
Pembongkaran makam mantan Bupati Lebak ke 3 (Hudaya/Bantenraya)

BANTEN RAYA- Makam mantan Bupati Lebak Tumenggung Prawira Koesumah dan isterinya dibongkar pada Rabu 18 Mei 2022 pukul 08.00 WIB.

Makam eks bupati Lebak ini ada di Kampung Paniisan l, Kelurahan Muara Ciujung Timur, Rangkasbitung yang menjadi area perluasan pembangunan Stasiun Rangkasbitung. Selain makam eks bupati, di lokasi ini juga ada 39 bidang tanah dan rumah yang akan digusur untuk Stasiun namun harga ganti ruginya belum ditetapkan Kementrian Perhuhungan.

Perwakilan Direktorat Perkeretaan pada Kementerian Perhubungan, Berry Suryana yang ditemui dilokasi pekuburan Kampung Paniisan mengatakan, terkait penaksiran harga ganti rugi untuk 39 bidang tanah yang juga rumah warga setempat, baru akan dilakukan pada Kamis (hari ini-red) hingga Jumat 20 Mei 2022.

Sedangkan untuk proses pembongkaram dan pemindahan 13 kuburan, tidak ada penggantian secara materil, namun semua yang dibutuhkan untuk mendukung kelancaran pembongkaran dan pemindahannya telah disiapkan pihaknya.

Baca Juga: Jadwal Acara RCTI Hari Ini Kamis 19 Mei 2022 : Ada Semifinal Sea Games Thailand vs Indonesia

"13 kuburan yang dibongkar ini ada di lahan milik PT Kereta Api Indonesia (KAI). Sedangkan, 39 bidang tanah atau rumah yang penetapan harganya akan segera dirundingkan dengan para pemiliknya, berada diluar lahan milik PT KAI," terang Berry, Rabu (18/5).

Ditambahkannya, terkait pembongkaran dan pemindahan 13 kuburan, termasuk kuburan mantan bupati Lebak ke tiga, harus selesai satu hari. Oleh karena itu, untuk mempercepat prosesnya, maka Kementerian Perhubungan mempersiapkan semua kebutuhannya.

"Hari ini juga (kemarin-red), proses pembongkaran dan pemindahan belasan kuburan harus selesai. Karena besok (hari ini), kami harus sudah melaksanakan tahapan taksiran harga puluhan rumah diluar tanah PT KAI," kata Berry.

Baca Juga: Ditangkap Kepolisian Gangnam, Kim Sae-ron Diduga dalam Pengaruh Alkohol Saat Mengemudi

Ketua RW 07 Kampung Paniisan, Kelurahan Muara Ciujung Timur, Rangkasbitung, Wibowo mengatakan, apabila dalam penetapan harga sudah disepakati, maka dipekan ini juga, para pemilik rumah yang akan terkena gusuran akan langsung mengosongkan rumah. Bahkan, saat inipun sudah ada sebagian pemilik rumah sudah memboking ruman dibeberapa lokasi BTN di Rangkasbitung.

Halaman:

Editor: Muhaemin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kumpulan Pantun Keluarga

Rabu, 29 Juni 2022 | 09:50 WIB
X