• Jumat, 27 Mei 2022

Peristiwa Penting Yang Terjadi Pada 14 Mei, Dipenuhi Peperangan Hingga Upaya Pembunuhan Presiden Soekarno

- Sabtu, 14 Mei 2022 | 16:53 WIB
Lambang Pakta Warsawa. Perjanjian Pakta Warsawa memiliki moto "Persatuan dengan Perdamaian Serta Sosialisme" (Wikipedia)
Lambang Pakta Warsawa. Perjanjian Pakta Warsawa memiliki moto "Persatuan dengan Perdamaian Serta Sosialisme" (Wikipedia)

BANTENRAYA.COM - Berbagai peristiwa penting yang terjadi di belahan dunia menarik untuk dipelajari untuk kemudian dijadikan pelajaran.

Bulan Mei menjadi salah satu bulan yang banyak terjadi peristiwa penting baik dibelahan dunia seperti sejumlah persitiwa yang tejadi pada 14 mei.

Setidaknya terdapat lima peristiwa penting terjadi pada 14 Mei yang dikutip Bantenraya.com dari berbagai sumber, Sabtu 14 Mei 2022.

Peristiwa yang terjadi pada 14 Mei di antaranya dipenuhi dengan peperangan seperti perang dunia II dan perang dingin. Berikut ini peristiwanya.

Baca Juga: FOPI Provinsi Banten, Kerja Keras Bidik Prestasi di Level Internasional

1. Belanda Menyerah Kepada Jerman

Keterlibatan Belanda pada Perang Dunia II dimulai dengan invasinya oleh Jerman Nazi pada 10 Mei 1940. Belanda awalnya menyatakan untuk bersikap netral ketika perang tersebut terjadi pada 1939, namun Jerman menginvasinya. Pada 15 Mei 1940 sehari setelah pengeboman Rotterdam, tentara Belanda menyerah. Peristiwa itu juga ada yang menyebutkan terjadi pada 14 Mei.

2. Penandatanganan Pakta Warsawa

Peristiwa lain yang terjadi pada 14 Mei yaitu pak warsawa dan secara resmi dikenal sebagai perjanjian persahabatan, kerja sama, dan bantuan bersama aliansi militer negara-negara blok Timur di Eropa Timur yang bertujuan mengorganisasikan diri terhadap kemungkinan ancaman dari aliansi NATO yang dibentuk pada 1949.

Halaman:

Editor: Wisnu A Mahendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

12 Konsumen Booking A Mei Zing Bumi Rakata Asri

Kamis, 26 Mei 2022 | 18:30 WIB
X