• Jumat, 19 Agustus 2022

Penyakit PMK Resahkan Peternak di Banten

- Kamis, 12 Mei 2022 | 18:52 WIB
 Para peternak sapi, kerbau, dan kambing mulai resah terkait dengan adanya penyakit mulut dan kuku (PMK) yang mulai menyerang ternak (Rahmat Tanjung/Bantenraya)
Para peternak sapi, kerbau, dan kambing mulai resah terkait dengan adanya penyakit mulut dan kuku (PMK) yang mulai menyerang ternak (Rahmat Tanjung/Bantenraya)

BANTENRAYA.COM - Para peternak sapi, kerbau, dan kambing mulai resah terkait dengan adanya penyakit mulut dan kuku (PMK) yang mulai menyerang ternak di beberapa daerah. Penyakit PMK yaitu penyakit infeksi virus yang bersifat akut dan sangat menular pada hewan berkuku genap.

Pengelola Rumah Domba di Kecamatan Padarincang Rahmat Hidayatullah mengatakan, para peternak di Provinsi Banten telah menerima surat edaran dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten agar para peternak mewaspadai penularan penyakit PMK.

"Tentunya adanya penyakit PMK ini cukup meresahkan teman-teman peternak karena biasanya kalau enggak ada edaran ini teman-teman peternak sudah mulai menyetok untuk kurban," ujar Rahmat, Kamis 12 Mei 2022.

Baca Juga: Bertemu Pegiat Kebudayaan Betawi, Erick Thohir : Kebudayaan Jangan Hanya Dilestarikan, tapi juga Dikembangkan

Walaupun sampai saat ini untuk di Banten belum ada anggota komunitas peternak yang melaporkan adanya penyakit PMK tersebut namun para peternak terus melakukan pemanatau. "Kita masih melihat perkembangannya karena kan Hari Raya Idul Adha juga masih dua bulan lagi," katanya.

Pengurus Lumbung Ternak Banten itu mengungkapkan, kebanyak hewan kurban yang masuk ke Banten termasuk Kabupaten Serang berasal dari berbagai daerah seperti Jawa Timur, Jawa Barat, dan dari Lampung. "Mudah-mudahan penyakitnya cepat hilang," tuturnya.***

 

Editor: Muhaemin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kerangka Tim Serang Jaya Dalam Genggaman Manajemen

Kamis, 18 Agustus 2022 | 20:20 WIB

Persita Tak Mau Jumawa, Pilih Disiplin

Kamis, 18 Agustus 2022 | 20:16 WIB
X