• Rabu, 10 Agustus 2022

Pidato Sambutan Halal Bihalal, Menemukan Hakikat Idul Fitri dengan Saling Bermaafan

- Senin, 9 Mei 2022 | 08:50 WIB
Pidato halal bi halal, Menemukan hakikat Idul Fitri dengan saling bermaafan. (Pixabay/Alexas_fotos)
Pidato halal bi halal, Menemukan hakikat Idul Fitri dengan saling bermaafan. (Pixabay/Alexas_fotos)

BANTENRAYA.COM - Halal bi halal momen yang secara seremoni diadakan berbagai intansi, organisasi dan komunitas lainnya usai lebaran Idul Fitri.

Untuk itu, biasanya dalam momen tersebut juga ada pidato atau kata sambutan resmi yang disampaikan.

Beberapa diantanya tentu saja membahas soal hakikat halal bi halal, termasuk juga kandungan didalam yakni menyambung tali yang sudah putus untuk mendapatkam hakikat Idul Fitri.

Tentu saja pidato yang diberikan juga harus berdasarkan referensi yang tepat, sehingga berbagai argumentasi memiliki landasan yang tepat.

Dikutip BantenRaya.Com dari portal islam.nu or.id pada Senin 9 Mei 2022, ada pidato atau sambutan yang secara umum biasa digunakan saat halal bi halal.

Baca Juga: 3 Contoh Teks Undangan Halal Bi Halal Hari Raya Idul Fitri 2022, Cocok untuk Dibagikan Grup WhatsApp

Berikut isi inti pidatonya:

Makna yang terkandung dalam istilah halal bihalal menurut Prof Dr Muhammad Quraish Shihab dalam Membumikan Al-Qur’an: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat (1999) menjelaskan sejumlah aspek untuk memahami istilah yang digagas oleh KH Abdul Wahab Chasbullah (1888-1971) tersebut.

Tradisi halal bihalal lebih dari sekadar saling memaafkan, tetapi mampu menciptakan kondisi di mana persatuan di antar-anak bangsa tercipta untuk peneguhan negara. Sebab itu, halal bihalal lebih dari sekadar ritus keagamaan, tetapi juga kemanusiaan, kebangsaan, dan tradisi yang positif karena mewujudkan kemaslahatan bersama.

Pertama, tinjauan bahasa atau linguistik. Kata halal dari segi bahasa terambil dari kata halla atau halala yang mempunyai berbagai bentuk dan makna sesuai rangkaian kalimatnya.

Halaman:

Editor: Muhaemin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

10 menu sahur yang Cocok Disantap Oleh Keluarga

Minggu, 17 April 2022 | 22:52 WIB

Khutbah Jumat Melawan Kemalasan

Jumat, 15 April 2022 | 09:50 WIB
X