• Minggu, 5 Februari 2023

Tahapan Amalan Sunah Sebelum Salat Idul Fitri, Jangan Sampai Dilalaikan

- Rabu, 27 April 2022 | 09:50 WIB
Ustad Adi sedang memberikan ceramah  (Youtube ukhti hta)
Ustad Adi sedang memberikan ceramah (Youtube ukhti hta)

BANTENRAYA.COM - Dalam beberapa hari lagi umat Islam akan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah sebagai tanda telah berakhirnya puasa bulan Ramadhan.

Terdapat beberapa amalan sunah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW untuk dilaksanakan oleh umat Islam sebelum melaksanakan salat Idul Fitri.

Amalan-amalan sunah menjelang pelaksanaan salat Idul Fitri tersebut dicontohkan langsung oleh Rasulullah SAW sehingga sebaiknya tidak dilalaikan oleh umatnya.

"Tahap persiapan Idul Fitri mulai dari berwudhu, atau kita mengambil sunah tertinggi yaitu mandi besar dalam pengetian fiqih," ujar Ustadz Adi Hidayat dikutip Bantenraya.com dikutip Bantenraya.com dari akun youtube Ukhti HTA, Rabu 27 April 2022.

Baca Juga: Teks Kultum Ramadhan Singkat Tentang: Sedih di Hari Fitri

Kemudian, kata UAH setelah berwudhu atau mandi besar tahap berikutnya mencari pakaian terbaik. "Riwayat hadisnya disampaikan bahkan oleh cucu Nabi SAW Hasan bin Ali bin Abi Thalib.

"Setelah itu kita ambil sunah yang ketiga yatu mencicipi makanan yang menandakan bahwa Ramadhan telah usai, sebagian ulama menganjurkan kita untuk bisa mencicipi makanan yang serupa yang pernah dilakukan Rasulullah SAW," katanya.

UAS menuturkan, para ulama menyebutkan sunah yang dicontohkan Rasulullah SAW yaitu mengkonsumsi kurma dalam jumlah ganjil satu butir, tiga butir, atau lima butir.

"Jika pun tak menemukan kurma bisa mengambil kiranya makanan yang punya nilai rasa yang serupa atau mendekati rasa manis dan punya nilai glukosa sehingga bisa memberikan kekuatan kepada tubuh dan buka sekedar menunjukkan puasa telah usai," tuturnya.

Halaman:

Editor: Wisnu A Mahendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Arsenal Keok Jadi Debut Pahit Jorginho

Minggu, 5 Februari 2023 | 15:38 WIB
X