• Sabtu, 2 Juli 2022

3 Poros Pilpres 2024 dengan Ganjar-Airlangga, Anies-AHY dan Prabowo-Puan, Siapa yang Menang?

- Jumat, 8 April 2022 | 21:01 WIB
Direktur Eksekutif SMRC Sirojudin Abbas memprediksi akan ada 3 poros pada Pilpres 2024 dengan pasangan Ganjar-Airlangga, Anies-AHY dan Prabowo-Puan. (Tangakapn layar YouTube SMRC TV)
Direktur Eksekutif SMRC Sirojudin Abbas memprediksi akan ada 3 poros pada Pilpres 2024 dengan pasangan Ganjar-Airlangga, Anies-AHY dan Prabowo-Puan. (Tangakapn layar YouTube SMRC TV)

BANTENRAYA.COM - Perhelatan 2024">Pilpres 2024 dinilai maksimal hanya akan diikuti oleh 3 capres atau 3 poros pemilihan.

Adapun 3 poros capres itu adalah Ganjar Pranowo-Airlangga Hartarto, Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono dan Prabowo Subianto-Puan Maharani.

3 poros tersebut cukup diyakini berpeluang terjadi jika melihat dari komposisi elektabilitas masing-masing nama.

Baca Juga: Marshel Widianto Ungkap Alasan Beli Video Syur Dea OnlyFans untuk Observasi Stand Up Comedy

Direktur Eksekutif Saiful Mujani Reserach and Consulting (SMRC) Sirojudin Abbas mengatakan, pihaknya telah melakukan survei opini publik bertajuk Prospek Capres 2024.

Ia memprediksi kemungkinan pemilihan presiden mendatang maksimal hanya diikuti oleh tiga pasangan mengingat presidential threshold yang cukup tinggi yakni 20 persen.

Menurutnya, pembentukan pasangan calon presiden-wakil presiden dapat ditentukan oleh pola hubungan antar partai untuk berkoalisi.

Baca Juga: Anti Ribet! Cara Menambahkan dan Menghilangkan Filter Rotoscope di TikTok

Pertama, jika ideologi penting, maka partai paling kebangsaan dan partai paling Islam mungkin tak mudah berkoalisi. PDIP dan PKS mungkin tak berkoalisi di tingkat nasional.

“Partai-partai lain di antara dua partai tersebut dapat saling berkoalisi baik dengan PDIP maupun PKS,” terang Abbas.

Faktor kedua, kata Abbas, adalah komunikasi antara elite partai yang menurutnya ada beberapa partaiyang tak mudah berkomunikasi.

Halaman:

Editor: Jermainne Tirta Dewa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Usai Pandemi, Omzet Warteg Masih Belum Stabil

Sabtu, 2 Juli 2022 | 17:04 WIB
X