Komisi III DPRD Kota Serang akan Panggil Sekda dan DLH Kota Serang, Bahas Kerja Sama Sampah dengan Tangsel

- Selasa, 15 Maret 2022 | 14:34 WIB
Komisi III DPRD akan memanggil Sekda dan Kepala DLH Kota Serang guna menanyakan perkembangan kerja sama sampah dengan Kota Tangsel. (Tohir/bantenraya.com)
Komisi III DPRD akan memanggil Sekda dan Kepala DLH Kota Serang guna menanyakan perkembangan kerja sama sampah dengan Kota Tangsel. (Tohir/bantenraya.com)

BANTENRAYA.COM – Komisi III DPRD Kota Serang akan memanggil Sekda Kota Serang Nanang Saefudin selaku Ketua Tim Koordinasi Kerja Sama Daerah (TKKSD) dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Serang Farach Richi.

Pemanggilan berkaitan dengan kerja sama pengelolaan sampah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) tahun 2022 yang sampai belum ketiga ini belum berjalan.

Ketua Komisi III DPRD Kota Serang Tb Ridwan Akhmad mengatakan, dia sudah membicarakan dalam rapat internal komisi dan memutuskan akan mengundang Ketua TKKSD dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Serang agar hadir dalam rapat esok di DPRD Kota Serang.

Dalam rapat nanti, dia akan mempertanyakan bagaimana kelanjutan kerja sama pengelolaan sampah Kota Tangsel untuk tahun 2022 ini.

Baca Juga: Rumah Warga Cibadak Lebak Ludes Terbakar Diduga Akibat Korsleting Listrik

“Tadi barusan rapat dengan komisi III dan Kita akan layangkan surat untuk Ketua TKKSD dan Kepala DLH untuk rapat dengan Komisi III,” kata Ridwan, Senin, 14 Maret 2022.

Ridwan mengatakan, saat ini dia mengaku belum mengetahui banyak tentang kelanjutan kerja sama pengelolaan sampah antara Pemerintah Kota Serang dengan Pemerintah Kota Tangsel.

Meski demikian, setidaknya akan ada dua isu yang akan dibahas dalam rapat nanti.

“Pertama, evaluasi kerja sama sampah dengan Tangsel. Kedua, positioning Kota Serang dengan Kabupaten Serang terkait persoalan sampah juga,” katanya..

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini mengatakan, sampai saat ini dia belum tahu mengapa kerja sama dengan Kota Tangsel belum berjalan.

Namun dia berpikir positif bahwa mungkin saja itu adalah sesuatu yang harus dipersiapkan dengan matang sehingga membutuhkan cukup waktu.

Baca Juga: SMA Negeri 16 Pandeglang Gelar Festival Budaya Nusantara, Implementasi Program Sekolah Penggerak

Namun demikian, dia melihat akan ada konsekwensi bila kerja sama pengelolaan sampah ini molor. Salah satunya adalah berkurangnya retribusi yang masuk ke Kota Serang dari retribusi sampah Kota Tangsel.

Sementara pada saat perencanaan penghitungan dalam APBD Kota Serang, retribusi sampah di tahun 2022 terhitung sebanyak 12 bulan dengan asumsi kerja sama sudah dimulai sejak Januari 2022 dan berakhir pada Desember 2022.

Halaman:

Editor: Wisnu A Mahendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X