• Jumat, 12 Agustus 2022

Gempa Bumi Guncang Wilayah Pantai Selatan Nias, Tidak Berpotensi Tsunami

- Senin, 14 Maret 2022 | 07:22 WIB
Iliustrasi Gempa Bumi. (internet)
Iliustrasi Gempa Bumi. (internet)


BANTENRAYA.COM - Wilayah Pantai Selatan Nias Selatan, Sumatera Utara diguncang gempa tektonik, Senin, 14 Maret 2022 pukul 04.09.21 WIB.

Gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo 6,7SR.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0,71° LS ; 98,50° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 6 Km arah Selatan Hibala, Nias Selatan, Sumatera Utara pada kedalaman 25 km.

Baca Juga: Juragan 99 dan Istrinya Ternyata Pernah Jadi Tersangka Penjiplakan Wadah Kosmetik

Dilansir bantenraya.com dari akun instagram @infobmkg, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng.

Hal itu dilihat dari lokasi episenter.

Dalam hasil analisis yang keluar menyatakan bahwa mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Baca Juga: Jokowi Kemah di IKN, Lokasi Difogging Dulu dan Disediakan Puluhan Mobil Toilet

Gempa bumi yang mengguncang daerah ini dirasakan di berbagai lokasi, seperti Padang, Siberut, Nias Selatan, Gunungsitoli dengan skala intensitas IV MMI.

Selain itu, gempa bumi juga dirasakan di daerah Padang Panjang, Bukittinggi, Pasaman Barat, Tuapejat, Pariaman dengan skala intensitas III MMI.

Gempa bumi pun mengguncang di wilayah Dhamasraya, Payakumbuh, Kerinci, Tapanuli Selatan, Pesisir Selatan, Batusangkar, Padang Pariaman, Solok dengan skala intensitas II MMI di mana getaran dirasakan oleh beberapa orang dengan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Halaman:

Editor: Ahmad Marjuki

Tags

Terkini

Pemkot Serang Wajibkan Anak PAUD Minimal Satu Tahun

Kamis, 11 Agustus 2022 | 19:54 WIB
X