• Kamis, 30 Juni 2022

Dugaan Korupsi Komputer UNBK, Penyidik Kejati Banten Cek Laptop dan Server Milik 19 Sekolah

- Kamis, 10 Maret 2022 | 21:05 WIB
Laptop dan server milik 19 SMAN dan SMKN tengah dilakukan uji petik oleh tim ahli di Kejati Banten, Kamis 10 Maret 2022. (Dokumentasi Kejati Banten)
Laptop dan server milik 19 SMAN dan SMKN tengah dilakukan uji petik oleh tim ahli di Kejati Banten, Kamis 10 Maret 2022. (Dokumentasi Kejati Banten)

BANTENRAYA.COM - Penyidik pidana khusus (Pidsus) Kejati Banten tengah melakukan pemeriksaan uji petik laptop dan server komputer Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) milik 19 sekolah di Banten, Kamis 10 Maret 2022 malam.

Uji petik tersebut merupakan tindak lanjut penyidikan kasus dugaan korupsi pengadaan 1.800 unit komputer UNBK pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Banten tahun 2018 lalu senilai Rp25 miliar.

Dalam perkara dugaan korupsi pengadaan komputer UNBK ini, Kejati Banten telah menetapkan tiga orang tersangka dan telah dilakukan penahanan.

Baca Juga: Perkosa Siswi SMP, 2 Pelajar SMA Asal Kabupaten Serang Divonis 18 Bulan Penjara

Ketiga tersangka itu terdiri atas yaitu Ardius Prihatono mantan Sekretaris Dindikbud Banten. Kemudian, Engkos Kosasih, mantan Kepala Dindikbub Banten.

Lalu Ucu Supriatna selaku Komisaris PT CAM sebagai vendor atau yang mengatur dan mengarahkan proyek pengadaan komputer UNBK SMA/SMK tersebut.

Kasi Penerangan hukum (Penkum) Kejati Banten Ivan Hebron Siahaan membenarkan jika saat ini tengah berlangsung pemeriksaan uji petik oleh ahli, dalam perkara UNBK.

Baca Juga: 14 Korban Indra Kenz Lapor Polisi, Total Kerugian Capai Rp25,6 Miliar

"Iya masih berlangsung, pemeriksaan uji petik oleh ahli terhadap laptop dan server di ruang pemeriksaan bidang pidana khusus," kata Ivan kepada Bantenraya.com, Kamis 10 Maret 2022 malam.

Ivan menjelaskan komputer dan server yang tengah dilakukan uji petik tersebut merupakan milik 19 sekolah SMA dan SMK di wilayah Provinsi Banten.

Halaman:

Editor: Jermainne Tirta Dewa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Profil Dr Sunardi yang Ditembak Mati Densus 88

Jumat, 11 Maret 2022 | 10:00 WIB
X