• Selasa, 16 Agustus 2022

Sejumlah Wilayah Diterjang Fenomena Hujan Es, Begini Penjelasan BMKG

- Selasa, 22 Februari 2022 | 20:30 WIB
BMKG memberikan penjelasan terkait fenomena hujan es yang menerjang sejumlah wilayah dalam beberapa waktu terakhir ini. (Instagram @infobmkg)
BMKG memberikan penjelasan terkait fenomena hujan es yang menerjang sejumlah wilayah dalam beberapa waktu terakhir ini. (Instagram @infobmkg)

BANTENRAYA.COM - Dalam sepekan ini sejumlah wilayah diterjang fenomena hujan es seperti Surabaya, Lampung hingga Bekasi.

Menurut hasil analisis BMKG, hujan es merupakan salah satu fenomena cuaca ekstrem yang terjadi dalam skala lokal dan ditandai dengan adanya jatuhan butiran es dari awan.

Dikutip Bantenraya.com dari Instagram @infobmkg, berikut penelasan BMKG terkait peristiwa hujan es yang terjadi di sejumlah wilayah.

Baca Juga: Mutasi Camat di Kota Cilegon Digelar Pekan Ini, Dua Camat Duduk Manis Tak Tergoyahkan

Dijelaskannya, hujan es dapat terjadi dalam beberapa menit dan dapat terbentuk dari sistem awan konvektif jenis Comulonimbus (Cb) yang umumnya memiliki dimensi menjulang tinggi.

Kejadian tersebut disertai dengan intensitas lebat dalam durasi singkat yang disertai kilat atau petir serta angin kencang.

Hal ini menandakan adanya kondisi labilitas udara yang signifikan dalam sistem awan tersebut.
Sehingga dapat membentuk butiran es di awan dengan ukuran yang cukup besar.

Baca Juga: Chip Gratis Hingga 40B, Ini Kode Penukaran Higgs Domino Island 23 Februari 2022

Besarnya dimensi butiran es dan kuatnya aliran udara turun dalam sistem awan Cb atau yang dikenal dengan istilah downdraft.

Downdraft tersebut dapat menyebabkan butiran es dengan ukuran yang cukup besar.

Halaman:

Editor: Jermainne Tirta Dewa

Sumber: Instagram @infobmkg

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X