• Kamis, 18 Agustus 2022

Kenali Ciri-ciri Investasi Ilegal yang Merugikan Masyarakat Hingga Rp117,4 Triliun

- Jumat, 18 Februari 2022 | 07:00 WIB
Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 1 DKI Jakarta dan Banten Dr. Dhani Gunawan Idat saat menyampaikan sambutan, Kamis (17/2) (Screenshot)
Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 1 DKI Jakarta dan Banten Dr. Dhani Gunawan Idat saat menyampaikan sambutan, Kamis (17/2) (Screenshot)

BANTENRAYA.COM – Seiring berkembangnya teknologi digital yang semakin pesat, tidak sedikit orang yang memanfaatkan teknologi tersebut menjadi suatu hal yang negatif semisal investasi ilegal ataupun pinjaman online ilegal.

Berdasarkan data yang disampaikan saat pelaksanaan Webinar yang digelar oleh Kantor Regional 1 Otoritas Jasa Keuangan DKI Jakarta dan Banten menyebutkan total kerugian masyarakat akibat investasi ilegal selama periode 2011-2021 ssebesar Rp117,4 Triliun.

Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 1 DKI Jakarta dan Banten Dr. Dhani Gunawan Idat mengatakan, masyarakat perlu mengetahui cara untuk membedakan investasi legal dengan investasi ilegal atau pinjaman online legal dengan pinjaman online ilegal.

Baca Juga: Alhamdulillah! Anak Ustadz Abdul Somad Telah Lahir Dengan Sehat dan Selamat

Baca Juga: Kemenkumham Perketat Pengawasan WNA Kru Kapal Asing di Cilegon

Ia menyampaikan, untuk mengetahui hal tersebut, masyarakat harus memastikan perusahaan yang menawarkan investasi atau pembiayaan tersebut memiliki ijin usaha dari otoritas yang berwenang sesuai dengan kegiatan usaha yang dijalankan.

“Pastikan usahan yang menawarkan investasi atau pembiayaan memiliki ijin usaha, pastikan juga memiliki domisili usaha sesuai dengan izin yang dimiliki, dan jika ada pencantuman logo instansi atau lembaga pemerintah bberarti sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” kata Dhani.

Sementara, Kepala Departemen Penyidikan Sektor Jasa Keuangan Dr. Tongam L. Tobing yang juga selaku Ketua Satgas Waspada Investasi mengatakan, penyebab utama masyarakat tercebur investasi ilegal yaitu belum paham investasi dan mudah tergiur dengan penawaran bunga yang tinggi.

Baca Juga: Gelar Kejurkab Atletik untuk Persiapkan Porprov Banten

Halaman:

Editor: M Hilman Fikri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DP Rumah di Bukit Taman Baru Nol Persen

Rabu, 1 Juni 2022 | 20:00 WIB

Tiket Masuk Istana Taman Cadas Rp10.000

Rabu, 1 Juni 2022 | 19:40 WIB

Sosialisasi PPS Digelar Bagi Anggota Apindo

Rabu, 1 Juni 2022 | 18:58 WIB

Masuk Wisata Bucin View Rp15.000 Untuk Dua Orang

Minggu, 29 Mei 2022 | 17:12 WIB

12 Konsumen Booking A Mei Zing Bumi Rakata Asri

Kamis, 26 Mei 2022 | 18:30 WIB
X