• Jumat, 27 Mei 2022

Bandara Halim Perdanakusuma Tutup, 5 Bandara Ini Jadi Alternatifnya

- Senin, 24 Januari 2022 | 08:18 WIB
Ilustrasi Bandara Halim Perdanakusuma (Pixabay/dmncwndrlch)
Ilustrasi Bandara Halim Perdanakusuma (Pixabay/dmncwndrlch)

BANTENRAYA.COM – Kementerian Perhubungan dan TNI AU menutup Bandara Halim Perdanakusuma mulai 26 Januari 2022, penutupan ini dalam rangka revitalisasi sesuai Perpres Nomor 9 Tahun 2022.

PT Angkasa Pura II (AP II) selaku pengelola Bandara Halim Perdanakusuma mulai menjalankan scenario perpindahan operasional penerbangan ke 5 bandara penerima (recipient) yaitu Bandara Soekarno Hatta (Tangerang), Bandara Husein Sastranegara (Bandung), Bandara Kertajati (Majalengka), Bandara Pondok Cabe (Jakarta) dan Bandara Budiarto (Tangerang).

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, scenario perpindahan operasional penerbangan dirumuskan oleh tim Operation Readiness and Airport Transfer (ORAT) yang dibentuk AP II.

Baca Juga: Young Lex dan Denny Caknan Rilis Lagu LEPAS, Sebuah Motivasi Agar Tidak Terpuruk Terus

“Tim ORAT bersama stakeholder antara lain Kementerian Perhubungan, Kantor Otoritas Bandara Wilayah I, AirNav Indonesia, maskapai dan ground handling telah menyusun scenario perpindahan sejak sekitar dua bulan lalu,” kata Awaluddin dalam siaran persnya pada Minggu 23 Januari 2022.

Pihaknya juga telah menggelar rapat koordinasi bersama seluruh stakeholder guna memuluskan scenario perpindahan operasional yang sudah disetujui seluruh pihak.

“Total terdapat 21 operator penerbangan, terdiri dari 2 maskapai niaga berjadwal, 17 maskapai niaga tidak berjadwal dan 2 maskapai kargo, dengan total jumlah armada 67 unit pesawat, ditambah 12 unit pesawat militer yang akan berpindah operasional dari Bandara Halim Perdanakusuma ke bandara penerima,” ucapnya.

Baca Juga: Rachel Vennya Klarifikasi di YouTube, Akui Takut Keluar Rumah, dan Sempat Ditoyor-toyor

Perpindahan operasional armada maskapai niaga tidak berjadwal mulai dilakukan pada 22-25 Januari 2022.

Halaman:

Editor: Ahmad Marjuki

Sumber: Berbagai sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X