• Senin, 23 Mei 2022

Sebelum Presiden Jokowi Pilih Nama Nusantara, Menteri PPN Sodorkan 80 Usulan Nama IKN Baru

- Kamis, 20 Januari 2022 | 09:05 WIB
Ada 80 nama yang diusulkan untuk menamai IKN baru yang disodorkan Menteri PPN namun dari seluruhnya, Presiden Jokowi memilih nama Nusantara. (Instagram @jokowi)
Ada 80 nama yang diusulkan untuk menamai IKN baru yang disodorkan Menteri PPN namun dari seluruhnya, Presiden Jokowi memilih nama Nusantara. (Instagram @jokowi)

BANTENRAYA.COM - Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengungkap pemerintah sudah menerima sekitar 80 nama calon Ibu Kota Negara (IKN) baru dari para ahli.

Akan tetapi, Presiden Jokowi memutuskan agar IKN baru diberi nama adalah dengan nama Nusantara.

Dia menjelaskan, sebelum Presiden Jokowi memilih nama Nusantara untuk IKN Baru, pihaknya telah memanggil ahli sejarah dan ahli bahasa untuk memberikan pengetahuan terkait nama-nama tersebut.

Baca Juga: Tidak Terima Disuruh Mencuci Piring oleh Ivan Gunawan, Ayu Ting Ting: Mau Nyuruh Anak Gue Susah?

Menurut dia, nama-nama tersebut seperti Negara Jaya, Nusantara Jaya, Nusa Karya, Nusa Jaya, Pertiwi Pura, Wana Pura, dan Cakrawala Pura.

"Ada sekitar 80 lebih nama yang diusulkan namun akhirnya dipilih Presiden yaitu Nusantara tanpa kata Jaya," kata Suharso dalam Rapat Kerja Panitia Khusus Rancangan Undang-Undang (RUU) Ibu Kota Negara di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu 19 Januari 2022.

Ia mengatakan bahwa, nama IKN kelak adalah ‘Nusantara’. Nama ini merupakan pilihan Presiden Jokowi dan telah mendapatkan persetujuan dari DPR RI.

Baca Juga: Diguyur Rp21,7 Miliar, TPAS Cilowong Kota Serang Kini Punya Tampilan Baru

Kemudian Suharso menjelaskan nama Nusantara merupakan konseptualisasi dari seluruh wilayah kepulauan Indonesia yang disatukan oleh lautan.

Dengan demikian secara implisit Nusantara merefleksikan karakter bangsa Indonesia yang majemuk dan konsep NKRI yang mengakomodasikan kemajuan.

Halaman:

Editor: Jermainne Tirta Dewa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X