• Senin, 23 Mei 2022

Peringatan Dini BMKG 20 Januari 2022, 24 Wilayah Berpotensi Diterjang Cuaca Ekstrem

- Kamis, 20 Januari 2022 | 08:30 WIB
BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem untuk 24 wilayah di Indonesia mulai dari hujan lebat, angin kencang hingga gelombang tinggi. (Dokumentasi BMKG)
BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem untuk 24 wilayah di Indonesia mulai dari hujan lebat, angin kencang hingga gelombang tinggi. (Dokumentasi BMKG)

BANTENRAYA.COM - Badan Meteorologi Krimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem untuk 24 wilayah di Indonesia untuk Kamis 20 Januari 2022

Penerbitan peringatan dini BMKG tersebut diperoleh berdasarkan analisis dinamika atmosfer terkini yang mengidentifikasikan adanya peningkatan potensi curah hujan.

Menurut BMKG, potensi cuaca ekstrem kondisi tersebut dipicu oleh peningkatan aktivitas dinamika atmosfer seperti cold surge atau seruakan massa udara dingin dari Asia menuju wilayah Indonesia.

Baca Juga: Gaga Muhammad Divonis 4,5 Tahun Penjara, Kuasa Hukum Masih-pikir untuk Banding

Menurut BMKG juga dalam rilisnya mengungkapkan, aktifnya fenomena gelombang atmosfer seperti gelombang Kelvin dan Rossby Ekuatorial di beberapa wilayah menjadi pemicu.

Pola tekanan-tekanan rendah memicu terbentuknya pumpunan dan belokan angin, yang diperkuat juga dengan adanya pengaruh labilitas udara dalam skala lokal.

Mengamati potensi tersebut, BMKG memberikan peringatan dini terdapat potensi cuaca ekstrem berupa hujan lebat sampai sedang, angin kencang, dan gelombang tinggi.

Baca Juga: Buruan Klaim! Kode Redeem FF Terbaru 20 Januari 2022, Dapatkan Banyak Item

Berikut daftar wilayah Indonesia yang berpotensi diterjang cuaca ekstrem periode 20 januari 2022:

1. Bali
Perlu diwaspadai potensi hujan lebat disertai angin kencang, kilat atau petir berdurasi singkat di sebagian wilayah.

Editor: Jermainne Tirta Dewa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X