• Jumat, 19 Agustus 2022

Kasus Varian Omicron Terus Meroket, Kemenkes Gencarkan Telemedicine

- Rabu, 12 Januari 2022 | 10:30 WIB
Foto ilustrasi Virus Covid-19 yang saat ini dikabarkan mutasi dan memunculkan varian baru bernama Omicron (Instagram vizaginsight)
Foto ilustrasi Virus Covid-19 yang saat ini dikabarkan mutasi dan memunculkan varian baru bernama Omicron (Instagram vizaginsight)

BANTENRAYA.COM - Kementerian Kesehatan Republik Indonesia terus mencatat penambahan konfirmasi Virus Covid19 Varian Omicron di Indonesia.

Hingga pada Senin 10 Januari 2022 terjadi penambahan 92 kasus konfirmasi, sehingga total konfirmasi yang terpapar Virus Covid19 Varian Omicron ini sebanyak 506 kasus.

Hal tersebut membuat Penambahan kasus masih didominasi oleh Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN), hingga saat ini dimana dari 506 kasus konfirmasi Omicron, ada selebihnya 84 kasus merupakan transmisi lokal.

Baca Juga: Vaksin Booster untuk Usia 18 hingga 59 Tahun di Banten Hanya Tersedia di 4 Kabupaten dan Kota Ini

Menurut Kemenkes RI, angka probable Omicron juga terus mengalami peningkatan. Terdeteksi sebanyak 1.384 probable Omicron yang didapatkan dari SGTF.

"Kalau kita perhatikan, juga terlihat peningkatan yang signifikan dari angka kasus harian dimana dari sejumlah 454 menjadi 802, naik hampir dua kali lipat," ujar Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi.

Oleh karena itu, dr. Nadia mengungkapkan masyarakat harus bersiap menghadapi gelombang Virus Covid19 Varian Omicron tersebut, mengingat karakteristik Omicron yang memiliki tingkat penyebaran yang sangat cepat dan bisa saja meluas ke penjuru negeri.

Baca Juga: Netflix Akan Rilis Film Dokumenter Tentang Kanye West, berjudul JEEN YUHS

"Jika dilihat dari perkembangannya, konfirmasi omicron cenderung mengalami peningkatan, dari pemeriksaan SGTF, kasus probable omicron pada PPLN cenderung meningkat, hasil WGS juga menunjukkan proporsi varian Omicron yang mulai mendominasi," ujar Nadia.

Halaman:

Editor: M Hilman Fikri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kerangka Tim Serang Jaya Dalam Genggaman Manajemen

Kamis, 18 Agustus 2022 | 20:20 WIB

Persita Tak Mau Jumawa, Pilih Disiplin

Kamis, 18 Agustus 2022 | 20:16 WIB
X