• Jumat, 27 Mei 2022

Omicron Diprediksi Meningkat Tajam Hingga 60 ribu Sehari, Kemenkes: Puncak Kasus Awal Februari

- Rabu, 12 Januari 2022 | 07:03 WIB
Foto ilustrasi Virus Covid-19 yang saat ini dikabarkan mutasi dan memunculkan varian baru bernama Omicron (Instagram vizaginsight)
Foto ilustrasi Virus Covid-19 yang saat ini dikabarkan mutasi dan memunculkan varian baru bernama Omicron (Instagram vizaginsight)

BANTENRAYA.COM - Virus Covid-19 diprediksi akan meningkat tajam akibat Omicron, hingga menembus angka 60 ribu kasus perhari.

Sebelumnya varian Omicron masuk dalam daftar variant of concern atau varian yang menjadi perhatian oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Varian baru ini menimbulkan gelombang baru infeksi Covid-19, yang dengan sangat cepat menyebar ke berbagai negara dan kasus pertamanya teridentifikasi di Afrika Selatan pada November tahun lalu.

Baca Juga: Ibunda Pindah Agama, Oka Antara Jalani Toleransi dengan Keluarga

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memprediksi puncak kasus virus Covid-19 akibat adanya varian baru Omicron di Indonesia akan terjadi pada awal hingga pertengahan Februari 2022.

Karena cepatnya penyeberan Omicron di Indonesia, membuat angka kasus Covid-19 kian meningkat dan diprediksi bisa mencapai 60 ribu kasus dalam sehari.

"Bisa sampai 40-60 ribu kasus ya, dan [prediksi] puncak kasus sekitar minggu pertama atau kedua Februari 2022," kata Siti Nadia Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) pada Selasa 11 Januari 2022.

Baca Juga: Herry Wirawatan Pelaku Pemerkosaan 13 Santriwati di Bandung Dituntut Hukuman Mati

Prediksi jumlah itu ternyata lebih tinggi dari rekor penambahan kasus harian yang terjadi pada 15 Juli dengan 56.757 kasus, akibat sebaran varian Delta yang telah menyebar ke seluruh provinsi di Indonesia.

Nadia melanjutkan lonjakan jumlah kasus tersebut dimungkinkan dapat memicu gelombang tiga Covid-19 di Indonesia.

Halaman:

Editor: Muhaemin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Banten Mulai Lewati Masa Puncak Gelombang 3 Covid-19

Selasa, 22 Februari 2022 | 16:16 WIB
X