• Jumat, 28 Januari 2022

Apa itu Penistaan Agama, Kasus yang Pernah sejumlah Tokoh Menjerat Ahok hingga Meliana

- Selasa, 11 Januari 2022 | 13:06 WIB
Sejumlah tokoh publik pernah terjerat kasus penistaan agama dan sebagian telah menjalani hukumannya. Sebenarnya apa itu penistaan agama? (Instagram @ruang.hukum)
Sejumlah tokoh publik pernah terjerat kasus penistaan agama dan sebagian telah menjalani hukumannya. Sebenarnya apa itu penistaan agama? (Instagram @ruang.hukum)

BANTENRAYA.COM - Belakangan banyak tokoh publik yang terjerat kasus hukum, terutama kasus ujaran kebencian dan penistaan agama.

Adapun tokoh-tokoh poublik yang pernah terjerat seperti diantaranya Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Reza Hazuwen hingga Meliana.

Menurut Pew Research Center, hukum penistaan agama adalah hukum yang melarang penistaan agama, yaitu sikap tidak sopan atau penghinaan terhadap tokoh-tokoh suci, kelompok agama, benda suci, adat, atau kepercayaan. 

Baca Juga: Serial Layangan Putus Trending Nomor Satu di 15 Negara, dari Indonesia hingga New Zealand

Hukum penistaan agama adalah salah satu hukum ujaran kebencian tertua yang masih bertahan sampai sekarang. 

Dalam Laporan Pew Research Center, sekitar seperempat negara di dunia atau tepatnya sebesar 26 persen memiliki hukum atau kebijakan anti-penistaan agama per 2014.

Di beberapa negara, hukum penistaan agama dipakai untuk melindungi agama mayoritas.  Sedangkan di negara-negara lain, hukum ini dipakai untuk menjamin perlindungan terhadap agama minoritas.

Baca Juga: Mulai Rambah Dunia Perfilman, Fuji Jadi Pemeran Utama dalam Film Bukan Cinderella

Selain larangan penistaan agama atau pencemaran nama baik agama, hukum penistaan agama mencakup semua hukum yang memberi ganti rugi untuk pihak-pihak yang tersinggung.

Hukum penistaan agama biasanya melarang permusuhan terhadap agama dan kelompok agama.

Halaman:

Editor: Jermainne Tirta Dewa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X