• Sabtu, 28 Mei 2022

Sejarah Kepemimpinan Menteri Pertahanan RI dari Masa ke Masa, Berikut Lengkap Nama Kepemimpinannya

- Sabtu, 8 Januari 2022 | 14:06 WIB
Sejarah pejabat atau Menteri di Kemenhan RI (Instagram kemhanri)
Sejarah pejabat atau Menteri di Kemenhan RI (Instagram kemhanri)

BANTENRAYA.COM - Setelah Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 roda pemerintahan segera bergerak, antara lain dengan pemindahan kekuasaan yang diselenggarakan dalam tempo sesingkat-singkatnya.

Oleh karena itu panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia PPKI, segera menyusun kabinet pertama yaitu tipe Presidensial dan hasilnya diumumkan pada 19 Agustus 1945.

Kabinet ini memiliki 15 Kementerian serta 5 Kementerian Negara, namun salah satu jabatan Menteri Negara lalu di tiadakan karena menteri yang bersangkutan yaitu AA Maramis diangkat menjadi Menteri Keuangan.

Baca Juga: Dilantik Jadi Ketua DPD Terumbu Kota Serang, Sarudin Bertekad Bawa Terumbu ke Pentas Nasional

Pada kabinet pertama tersebut belum memiliki Menteri Pertahanan, dan fungsi Kementerian Pertahanan Negara ada di dalam Kementerian Keamanan Rakyat, yang dipimpin oleh Menteri Keamanan Rakyat, yakni mantan Shodancho Suprijadi.

Sebagaimana diketahui bahwa Suprijadi tidak pernah menduduki posisi sebagai Menhan dan selanjutnya posisi Menhan digantikan oleh Soeljadikoesoemo sebagai Menteri ad interim pada 20 Oktober 1945.

Pada masa kabinet Sjahrir ke-1 yaitu periode 14 November 1945-12 Maret 1946 fungsi pertahanan negara juga masih berada di bawah wewenang Menteri Keamanan Rakyat, yang dijabat oleh Mr. Amir Sjarifuddin.

Baca Juga: 12 Istilah yang Sering Muncul Jelang Rotasi Mutasi Pejabat Cilegon, Nomor 5 Bikin Ngakak

Namun pada kabinet Sjahrir ke-2 periode 12 Maret – 2 Oktober 1946, dibentuk Kementerian Pertahanan yang dijabat oleh Mr. Amir Sjarifuddin. Di dalam kabinet ini fungsi pertahanan keamanan mulai ditekankan.

Dalam Perjalanannya, jabatan Menteri Pertahanan sering dijabat rangkap oleh satu orang, seperti PM Amir Sjarifuddin pada kabinetnya (3 Juli – 11 November 1947), yang menunjukan betapa pentingnya fungsi pertahanan negara dalam menghadapi berbagai konflik yang terjadi pada saat itu.

Halaman:

Editor: Muhaemin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

10 menu sahur yang Cocok Disantap Oleh Keluarga

Minggu, 17 April 2022 | 22:52 WIB

Khutbah Jumat Melawan Kemalasan

Jumat, 15 April 2022 | 09:50 WIB
X