Ketua Dewan Pembina Laskar Ganjar-Puan: “Coat-tail effect” Dorong Parpol Optimalkan Hasil Pileg

- Jumat, 24 Desember 2021 | 07:47 WIB
Ketua Dewan Pembina Laskar Ganjar-Puan (LGP) H. Mochtar Mohamad  (Foto: Istimewa)
Ketua Dewan Pembina Laskar Ganjar-Puan (LGP) H. Mochtar Mohamad (Foto: Istimewa)

 

BANTENRAYA.COM - Ketua Dewan Pembina Laskar Ganjar Puan (LGP) H. Mochtar Mohamad,  menyatakan, sesuai Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu, Pilpres akan dilaksanakan pada 2024 bersamaan dengan Pileg. 

Dalam Pemilu dan Pilres 2014 Coat tail effect (efek ekor jas) akan berpengaruh signifikan dalam Pemilu mendatang itu demikian kata Ketua DPP  Laskar Ganjar Puan

Pernyataan  Laskar Ganjar Puan H. Mochtar Mohamad di atas disampaikannya lewat keterangan tertulis, Kamis 23 Desember 2021.

Baca Juga: Update Terbaru! Kode Redeem FF 24 Desember 2021

Mochtar Mohamad menyebutkan, dengan “Coat tail effect” dimaksudkan bahwa partai yang bisa mengusung kadernya menjadi Capres atau Cawapres akan membuat partai yang bersangkutan dapat memgoptimalkan pengaruh kadernya itu untuk mendapatkan hasil suara maksimal di pemilihan legislatif. 

Dalam psikologi politik, “Coat tail effect” itu sendiri dapat dimaknai sebagai pengaruh figur atau tokoh dalam meningkatkan suara partai dalam Pemilu. Figur atau tokoh tersebut bisa berasal dari calon presiden ataupun calon wakil presiden yang diusung partai yang bersangkutan. 

Sederhananya, partai politik akan mendapatkan suara melimpah dalam pemilihan legislatif jika partai dimaksud mencalonkan tokoh atau figur untuk posisi Capres atau Cawapres yang populer serta memiliki elektabilitas tinggi. 

Baca Juga: Gandeng Narji Cagur, Wakil Walikota Cilegon Siap Terapkan Urban Farming

Mochtar Mohammad lebih lanjut menjelaskan, saat ini syarat untuk dapat mencalonkan presiden (presidential threshold) adalah 115 kursi di DPR RI, dan sementara ini hanya PDI Perjuangan yang memiliki syarat lebih dari cukup untuk mengusung sendiri Capres dan Cawapres karena memiliki 128 kursi di DPR. 

Halaman:

Editor: Muhaemin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

10 menu sahur yang Cocok Disantap Oleh Keluarga

Minggu, 17 April 2022 | 22:52 WIB

Khutbah Jumat Melawan Kemalasan

Jumat, 15 April 2022 | 09:50 WIB
X