• Sabtu, 22 Januari 2022

Menteri Pertahanan Prabowo Luncurkan KCR Kapak-625 Karya Anak Bangsa

- Senin, 6 Desember 2021 | 10:49 WIB
Kapal perang KCR Kapak-625 produksi oleh PT. PAL Indonesia yang diluncurkan Menhan Prabowo Subianto yang diunggah twitter @kamhan_RI (Tangkapan layar twitter @kamhan_RI)
Kapal perang KCR Kapak-625 produksi oleh PT. PAL Indonesia yang diluncurkan Menhan Prabowo Subianto yang diunggah twitter @kamhan_RI (Tangkapan layar twitter @kamhan_RI)

BANTENRAYA.COM - Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Indonesia Prabowo Subianto meluncurkan kapal cepat rudal (KCR) Kapak-625 pada Minggu, 5 Desember 2021. 

Kapal perang yang memiliki luas 60 meter merupakan yang kelima karya anak bangsa. 

Peluncuran KCR Kapak-625, yang diproduksi oleh PT. PAL Indonesia tersebut berlangsung di Ship Lift Divisi Kapal Perang PT. PAL, Surabaya, Jawa Timur.

Baca Juga: Kasus Tewasnya NW Merembet, Situs KPU Jatim Diretas

Tidak hanya sendiri, Menhan Prabowo ditemani oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, serta Direktur utama PT. PAL Indonesia (Persero) Kaharuddin Djenod.

Pembangunan KCR Kapak-625 ini memiliki tujuan guna memperkuat dan memodernisasi kebutuhan Alitist TNI AL, sekaligus bagian dari kemandirian pemenuhan alutista sesuai dengan amanah UU Nomor 16 Tahun 2012 tentang Industri Pertahanan. 

Baca Juga: Survei Indikator: Ekonomi Nasional Membaik Pengaruhi Kepuasan Kinerja Jokowi

"Tanpa kekuatan maritim yang kuat, tidak mungkin negara kita kuat. Disertai topangan industri pertahanan yang kuat, agar kita menjadi negara yang mandiri," ujar Prabowo.

Kapal KCR masuk dalam kategori Offshore Patrol Vessel (OPV) memiliki kemampuan manuver lincah, mampu bergerak secara cepat sesuai fungsinya mengamankan wilayah maritim.

Halaman:

Editor: Ahmad Marjuki

Tags

Terkini

7 Manfaat Salat Tepat Waktu dan Hadistnya, Yuk Simak!

Jumat, 21 Januari 2022 | 19:23 WIB
X