• Rabu, 19 Januari 2022

Demokrat Kritik Mitigasi Bencana Meletusnya Gunung Semeru

- Minggu, 5 Desember 2021 | 19:00 WIB
Kondisi rumah yang tertimbun abu vulkanik Gunung Semeru.  (Twitter.com)
Kondisi rumah yang tertimbun abu vulkanik Gunung Semeru. (Twitter.com)

BANTENRAYA.COM - Partai Demokrat mengkritik buruknya mitigasi bencana yang dilakukan oleh pemerintah atas meletusnya Gunung Semeru.

Kepala Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrat Andi Arief mengatakan, mestinya pemerintah bisa memperingatkan warga terkait dengan meningkatkan aktivitas Gunung Semeru yang biasanya bisa terpantau di seismograf.

"Gunung Semeru erupsi tanpa peringatan dari otoritas gunung api. Ini sangat membahayakan warga, DPR wajib memanggil menteri ESDM dan jajarannya. Gagalnya sistem bekerja? Alamat buruknya sistem mitigasi," kata Andi Arief dikutip dari Twitter resmi Partai Demorat @PDemokrat, Minggu 5 Desember 2021.

Baca Juga: Disebut Terancam Bangkrut, Krakatau Steel Siap Atasi Masalah Utang dengan Cara ini

Sementara itu, dilaporkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), total ada 13 orang meninggal dunia akibat meletusnya Gunung Semeru.

Kepala BNPB Letnan Jenderal TNI Suharyanto mengatakan, sebanyak 41 orang yang mengalami luka-luka, khususnya luka bakar, telah mendapatkan penanganan awal di Puskesmas Penanggal.

Selanjutnya mereka dirujuk menuju RSUD Haryoto dan RS Bhayangkara. Sementara itu, warga luka lainnya ditangani pada beberapa fasilitas kesehatan, yaitu 40 orang dirawat di Puskesmas Pasirian, 7 orang di Puskesmas Candipuro, serta 10 orang lain di Puskesmas Penanggal di antaranya terdapat dua orang ibu hamil.

Baca Juga: Update Kasus Bunuh Diri Novia Widyasari Tagar #PenjarakanRandy Menggema di Twitter, Ayah Randy Anggota DPRD?

TIm gabungan juga berhasil melakukan evakuasi warga yang tadi malam dilaporkan Wakil Bupati Lumajang terjebak di kantor pemilik tambang.

Halaman:

Editor: M Hilman Fikri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bank bjb Optimis Tatap Tahun 2022 Lebih Cerah

Selasa, 18 Januari 2022 | 10:05 WIB

Fadli Zon Usulkan Ibu Kota Baru Diberi Nama Jokowi

Selasa, 18 Januari 2022 | 09:17 WIB

4 Unit Honda CB150X Terjual di Astra Motor Cilegon

Selasa, 18 Januari 2022 | 06:30 WIB

Bibit Pohon Tin Bisa Didapat Mulai Rp35.000

Selasa, 18 Januari 2022 | 06:09 WIB
X