• Sabtu, 21 Mei 2022

Luruskan Soal Potensi Tsunami 8 Meter di Cilegon, BMKG: Hanya Contoh Wilayah Rawan

- Kamis, 2 Desember 2021 | 20:23 WIB
BMKG mengklarifikasi terkait potensi tsunami 8 meter di Cilegon saat rapat kerja dengan DPR. Pihaknya hanya memberi contoh wilayah rawan. (bmkg.go.id)
BMKG mengklarifikasi terkait potensi tsunami 8 meter di Cilegon saat rapat kerja dengan DPR. Pihaknya hanya memberi contoh wilayah rawan. (bmkg.go.id)

BANTENRAYA.COM - BMKG meluruskan pernyataan terkait potensi tsunami 8 meter di Perairan Cilegon saat rapat kerja dengan Komisi V DPR RI, Rabu 1 Desember 2021.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Bantenraya.com dari Bagian Humas Masyarakat BMKG, menyatakan, berbeda dengan kondisi cuaca yang dapat diprediksi, kejadian gempa bumi dan tsunami belum dapat diprediksi.

Meski demikian, gempa bumi dan tsunami dapat dimodelkan potensi bahayanya dengan mengunakan skenario terburuk untuk acuan upaya mitigasi.

Baca Juga: Putri Marino, Pemeran Kinan dalam Serial Layangan Putus, Ini Biodatanya

Dalam hal ini BMKG sudah memetakan tingkat bahaya sebagian besar pantai rawan tsunami di Indonesia.

Selanjutnya, terkait potensi tsunami di Cilegon, dalam hal ini BMKG tidak bermaksud memberikan prediksi bahwa akan terjadi tsunami selama periode Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 atau Nataru.

Cilegon hanya sebagai contoh, salah satu wilayah rawan dan memiliki potensi tsunami seperti halnya wilayah lain di Indonesia yang memiliki potensi dan catatan sejarah tsunami.

Baca Juga: Inilah 10 Lokasi dan Jenis Pesugihan Terkenal di Indonesia, Salahsatunya Sampai Dibahas Media Australia

Ditegaskan BMKG, gempa bumi dan tsunami dapat terjadi kapan saja dan di mana saja, namun tidak dapat dipastikan atau diprediksi dengan tepat kapan waktu akan terjadi.

Catatan katalog tsunami BMKG menunjukkan bahwa di wilayah Indonesia sejak tahun 1608 sudah terjadi tsunami lebih dari 246 kali, sehingga kita semua patut waspada.

Halaman:

Editor: Jermainne Tirta Dewa

Sumber: BMKG

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X