• Jumat, 28 Januari 2022

Sejarah Hari AIDS Sedunia yang Diperingati Setiap 1 Desember, Digagas Sejak Akhir 80an

- Rabu, 1 Desember 2021 | 18:00 WIB
Berikut ini sejarah Hari AIDS Sedunia yang diperingati setiap 1 Desember yang ternyata sudah digagas sejak akhir 80an. (Pixabay/geralt)
Berikut ini sejarah Hari AIDS Sedunia yang diperingati setiap 1 Desember yang ternyata sudah digagas sejak akhir 80an. (Pixabay/geralt)

BANTENRAYA.COM - Hari AIDS Sedunia diperingati setiap 1 Desember setiap tahunnya dari berikut sejarah dari hari besar tersebut. 

Hari AIDS Sedunia diperingati sebagai momen menumbuhkan kesadaran terhadap wabah AIDS di seluruh dunia yang disebabkan oleh penyebaran virus HIV.

Konsep Hari AIDS Sedunia ini digagas pada Pertemuan Menteri Kesehatan sedunia mengenai program untuk pencegahan AIDS pada tahun 1988.

Baca Juga: Waspada Penipuan, Ini Nomor Call Center Resmi bank bjb

Sementara untuk Hari AIDS Sedunia sendiri pertama kali dicetuskan pada Agustus 1987 oleh James W. Bunn dan Thomas Netter.

Mereka adalah dua pejabat informasi masyarakat untuk program AIDS Global di Organisasi Kesehatan Sedunia di Geneva, Swiss.

Bunn dan Netter menyampaikan ide mereka kepada Dr. Jonathan Mann, Direktur Pgoram AIDS Global (kini dikenal sebagai UNAIDS). Ia adalah seorang epidemolog untuk Pusat Pengendalian Penyakit.

Baca Juga: Ini Dasar Pimpinan Muskot PMI Kota Cilegon Tolak Berkas Pencalonan Sanuji Pentamarta, Rekomendasi Bodong?

Dr. Mann menyukai konsepnya, menyetujuinya, dan sepakat dengan rekomendasi bahwa peringatan pertama Hari AIDS Sedunia akan diselenggarakan pada 1 Desember 1988.

Penentuan 1988 dilakukan karena di tahun itu bertepatan dengan pemilihan umum di Amerika Serikat.

Halaman:

Editor: Jermainne Tirta Dewa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dwi Andika Mengaku Sakit Usai Vaksinasi Booster

Senin, 24 Januari 2022 | 08:17 WIB
X