• Sabtu, 21 Mei 2022

Rupiah Bisa Jadi Wujud Bela Negara

- Rabu, 10 November 2021 | 20:30 WIB
Kepala Departemen Pengelolaan Uang Rupiah Bank Indonesia (BI) Marlison Hakim saat menyampaikan filosofi uang rupiah, Rabu (10/11) (Screenshot)
Kepala Departemen Pengelolaan Uang Rupiah Bank Indonesia (BI) Marlison Hakim saat menyampaikan filosofi uang rupiah, Rabu (10/11) (Screenshot)

BANTENRAYA.COM – Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Bank Indonesia Provinsi Banten menggelar kegiatan sosialisasi dan talkshhow Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah sebagai wujud bela negara tanpa senjata secara hybrid, Rabu (10/11).

Kepala Departemen Pengelolaan Uang Rupiah Bank Indonesia (BI) Marlison Hakim mengatakan, bahwa dalam selembar uang rupiah terdapat desain gambar yang di dalamnya mengandung filosofi, mulai dari kekayaaan alam, tokoh bangsa, serta sejarah bangsa Indonesia.

Ia menyampaikan, dengan landasan filosofi yang tercantum di dalam mata uang, dirinya mengajak masyarakat untuk mengenali sekaligus bertanggung jawab dalam menjaga dan memanfaatkan kekayaan alam untuk keberlangsungan bangsa Indonesia.

Baca Juga: Telkomsel Resmi Luncurkan Aplikasi Kesehatan Fita

“Kami mengajak seluruh hadirin untuk mencintai dan bangga terhadap bangsa Indonesia melalui rupiah ini, karena rupiah menggambarkan kekayaan kita, rupiah menggambarkan ketokohan kita, rupiah menggambarkan sejarah bangsa ini,” kata Marlison.

Lebih lanjut ia mengatakan, setelah memahami unsur-unsur di dalam desain mata uang rupiah tersebut, dapat memunculkan serta membangkitkan semangat untuk cintai dan bangga terhadap Bangsa Indonesia.

Oleh karena itu, mata uang rupiah tidak hanya sekedar alat tukar, melainkan terdapat makna yang hendak disampaikan.

Baca Juga: Kemplang Pajak Rp41 Miliar, Direktur Perusahaan Ini Diancam Pidana 6 Tahun

Sehingga dalam merencanakan penerbitan uang, memerlukan waktu 2 tahun untuk mendesain mata uang tersebut.

Halaman:

Editor: M Hilman Fikri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sprint dan Primaverra Jadi Primadona di Cilegon

Kamis, 19 Mei 2022 | 10:20 WIB

Penjualan Gibuku Meningkat Tajam

Selasa, 17 Mei 2022 | 10:45 WIB

Samsung Cilegon Seluler Promo Love Campaign

Selasa, 17 Mei 2022 | 10:39 WIB

Pasca Lebaran Usaha Gypsum Sepi Konsumen

Jumat, 13 Mei 2022 | 16:35 WIB

The Surosowan Gelar Lomba ‘Latte Art’

Rabu, 11 Mei 2022 | 18:30 WIB
X