• Jumat, 28 Januari 2022

AF Ring Satu Terdakwa Maling Uang Rakyat Zumi Zola Ditangkap, Ali Fikri: Diduga Kumpulkan Uang Rp46 Miliar dar

- Jumat, 5 November 2021 | 11:14 WIB
Juru Bicara KPK Ali Fikri memberikan keterangan pers AF yang menjadi tersangka maling uang rakyat.  (laman kpk.go.id)
Juru Bicara KPK Ali Fikri memberikan keterangan pers AF yang menjadi tersangka maling uang rakyat. (laman kpk.go.id)

BANTENRAYA.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK menetapkan AF sebagai tersangka dugaan tindak pidana korupsi penerimaan gratifikasi di Pemerintah Provinsi Jambi Tahun Anggaran 2016 sampai 2021.

 

AF diketahui merupakan orang dekat atau ring satu dari maling uang rakyat Zumi Zola yang diputuskan bersalah dan berkekuatan hukum tetap.

 

Juru Bicara KPK Ali Fikri menjelaskan, total uang yang telah dikumpulkan oleh AF sekitar Rp46 miliar. Sebagian dari uang tersebut, atas perintah Zumi Zola, diberikan kepada anggota DPRD Provinsi Jambi terkait uang ketok palu pembahasan RAPBD Tahun Anggaran 2017.

Baca Juga: BPR Serang dan PT. SBM Diusulkan Dapat Suntikan Modal dari Pemkab Serang, Ini Besarannya

“Penyidikan ini merupakan pengembangan dari fakta persidangan pada perkara Zumi Zola (Mantan Gubernur Jambi periode 2016-2021) dan kawan-kawannya yang telah telah diputus oleh Pengadilan Tipikor dan berkekuatan hukum tetap,” kata Ali Fikri dikutip bantenraya.com dari situs resmi kpk.go.id, Jumat 5 November 2021.

 

Menurut Ali Fikri, KPK selanjutnya melakukan penahanan terhadap AF untuk 20 hari pertama terhitung mulai tanggal 4 sampai 23 November 2021, di Rutan KPK Gedung Merah Putih. Tahanan akan dilakukan isolasi mandiri selama 14 hari sebagai upaya antisipasi penyebaran Covid-19 di Rutan KPK dimaksud.

Halaman:

Editor: Rahmat Kurniawan

Tags

Terkini

Kaum Millenial Jadi Magnet Partai Politik Indonesia

Minggu, 9 Januari 2022 | 14:07 WIB

Gabung ke PKS, Nardji Cagur Didukung Istrinya

Rabu, 5 Januari 2022 | 17:46 WIB
X