• Jumat, 28 Januari 2022

Berkunjung ke Koskosan Milik Sie Kong Lian di Jakarta, Tempat Ikrar Sumpah Pemuda Lahir

- Kamis, 28 Oktober 2021 | 16:26 WIB
Museum Sumpah Pemuda di Jakarta yang juga eks rumah warga keturunan Tionghoa Sie Kong Lian (Tangkapan layar Youtube BBC News Indonesia)
Museum Sumpah Pemuda di Jakarta yang juga eks rumah warga keturunan Tionghoa Sie Kong Lian (Tangkapan layar Youtube BBC News Indonesia)

BANTEN RAYA.COM – Hari ini 28 Oktober adalah puncak peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP). Ikrar Sumpah Pemuda disusun para pemuda hebat bangsa ini tahun 1928 lampau.

Para pemuda yang berasal dari berbagi daerah Indonesia kala itu awalnya sering berkumpul disebuah rumah di Jalan Kramat Raya Jakarta nomor 106.

Rumah ini masih bisa dikunjungi hingga kini karena jadi Muesum Sumpah Pemuda.

Baca Juga: Rumah dan Tanah Terpidana Korupsi Asabri Benny Tjokrosaputro di Lebak Ditinjau Kejagung, Tersebar di 654 Titik

Dalam video Youtube BBC News Indonesia yang diunggah pada 27 Oktober 2020, rumah ini adalah milik seorang keturunan tiong hoa, Sie Kong Lian.

“Gedung di beli oleh kaakek saya. Awlanya suka dipakai kos-kosan anak STOVIA,” kata Yanti Silman cucu Sie Kong Lian dalam video Youtube itu.

Pada tahun 1920 di rumah kos ini pernah berdiri plang bertuliskan Langesin Siswo sebagai kegiatan ekstrakulikuler Jong Java. Namun lambat laun banyak pemuda yang gabung seperti dari Ambon, Sumatera Hingga Minahasa.

 “Beberapa tokoh pernah kos disini terutama ketua kongres pemuda II Seogendo Djodjopoespito terus Muhammad Yamin yang merupakan perumus naskah Sumpah Pemuda yang berikutnya datang juga salah satu pentolan PKI Amir Syarifuddin,” kata Eko Septian Saputra, Kurator Meseum Sumpah Pemuda dalam video ini.

Baca Juga: Sidang Kasus Korupsi Lahan Samsat Malingping, Samad Minta Bebas dan Merasa Tidak Bersalah

Rumah milik Sie Kong Lian ini memang strategis dekat dengan rel kereta dan dekat dengan kampus STOVIA dan sekolah hukum. Pada akhirnya, rumah ini pun jadi saksi bisu dimulainya gerakan pemuda Indonesia dari berbagai daerah.

Halaman:

Editor: Muhaemin

Sumber: YouTube

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kaum Millenial Jadi Magnet Partai Politik Indonesia

Minggu, 9 Januari 2022 | 14:07 WIB

Gabung ke PKS, Nardji Cagur Didukung Istrinya

Rabu, 5 Januari 2022 | 17:46 WIB
X