• Minggu, 3 Juli 2022

Airlangga: Indonesia Harus Mengambil Momentum untuk Mengatur Agenda Besar G20

- Kamis, 28 Oktober 2021 | 10:38 WIB
Airlangga Hartarto (Istimewa)
Airlangga Hartarto (Istimewa)


BANTENRAYA.COM-Indonesia bisa mengambil momentum dari pandangan baik dunia internasional selama ini. Sebagai negara yang dianggap berhasil dalam menangani pandemi Covid-19 sekaligus percepatan dalam pemulihan ekonomi nasional, Indonesia bisa menjadi sebuah contoh. Begitu pula saat menjadi tuan rumah Presiden G20 yang prestisius.

"Ini adalah pertemuan terbesar dunia di antara pemimpin berpengaruh, yang akan menjadi pusat perhatian dunia," ujar Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, dalam pidato pembukaan kuliah umum Golkar Institute yang disampaikan virtual Rabu (27/10/2021),

Ketua Umum Partai Golkar yang juga Menko Perekonomian menjelaskan, dari pertemuan G20 pada tahun 2022, Indonesia sebagai tuan rumah memiliki peluang besar untuk mengatur agenda dan membujuk negara-negara lain tentang jalan terbaik ke depan di dunia pascapandemi.

Baca Juga: Sandiaga Uno Borong Tas Buatan Disabilitas: Ini Untuk Souvenir Pimpinan Dunia Konferensi Tingkat Tinggi G20

"Kita juga bisa menjadi suara dunia yang sedang berkembang, suara dengan nada ramah tetapi dengan tujuan yang jelas, suara nalar di dunia dengan meningkatnya ketegangan kekuatan besar, yang secara mengkhawatirkan bergerak di jalan yang mungkin disesali oleh semua orang," ucap Airlangga Hartarto.

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional ( KPCPEN) lebih jauh menyatakan bahwa suara Indonesia harus mewakili sekaligus menjadi suara kemanusiaan dan demokrasi. "Kita harus tetap bersahabat, kita bukan mengejar ketakutan atau keangkuhan, tetapi untuk saling merangkul dalam semangat harapan dan kepentingan bersama," terang Airlangga Hartarto.

Baca Juga: Menko Airlangga Ungkap 5 Strategi Indonesia Pimpin Presidensi G20

Airlangga secara khusus menyampaikan pujiannya kepada pakar tentang Asia dan Indonesia asal Singapura, Prof.Kishore Mahbubani. Penasehat Golkar Institute tersebut berpendapat bahwa Indonesia sekarang dalam posisi yang baik untuk memainkan peran seperti itu. "Profesor Kishore bisa menjelaskan bahwa dalam konteks kepemimpinan dan demokrasi di dunia saat ini, Indonesia patut berbangga," jelas Airlangga Hartarto.

"Indonesia adalah negara terbesar keempat di dunia, sangat beragam, dengan ribuan pulau, tempat yang tidak mudah bagi siapa pun untuk memerintah – namun, bahkan di bawah hari-hari tergelap di tengah pandemi Covid-19, kita berhasil menjaga demokrasi dan ekonomi kita relatif sehat," papar Ketum Partai Golkar.

Airlangga Hartarto menegaskan, dari keberhasilan penanganan pandemi Covid-19, pemulihan ekonomi, dan stabilitas politik, demokrasi Indonesia akan menjadi lebih kuat. Ekonomi nasional akan tumbuh lebih baik lagi.

Halaman:

Editor: Rahmat Kurniawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X