• Sabtu, 23 Oktober 2021

Menkes Umumkan 83 Atlet PON XX Terkonfirmasi Covid-19, Pulang ke Daerah Asal Alet Wajib Karantina

- Senin, 11 Oktober 2021 | 15:53 WIB
Menkes Budi Sadikin menyampaikan perkembangan Covid-19 di arena PON (tangkapan layar YouTube)
Menkes Budi Sadikin menyampaikan perkembangan Covid-19 di arena PON (tangkapan layar YouTube)

BANTENRAYA.COM – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengumumkan bahwa ada 83 atlet PON XX Papua yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Terhadap atet yang positif, Menkes menyebut Satgas Covid-19 di arena PON sudah melakukan karantina atlet. “Atlet yang positif sudah pulih lebih cepat,” kata Menkes dalam Konferensi Pers PPKM di Jakarta 11 Oktober 2021.

Jumlah atlet yang terkonfirmasi kata Menkes hingga siang ini sebanyak kurang lebih 83. “Mereka ada yang berasal dari DKI, Jawa Timur, Jateng, dan Bali,” katanya.

Baca Juga: Seleksi Anggota KPU dan Bawaslu Segera Dibuka, Presiden Tetapkan Juri Ardiantoro Ketua Timsel

Menkes menyebut ada beberapa tempat pertandingan olahraga yang terindikasi menjadi klaster covid. Selain di venue, trjadinya penularan kemungkinan besar di tempat penginapan.

“Karena kamar yang ditempati atet satu kamar empat orang. Lalu saat makan bersama (ada kerumunan). Jadi ini jadi catatan agar prokes di acara serupa diperketat,” bebernya.

Soal atlet yang terpapar, Menkes mengatakan mereka suah berhasil keluar dari tempat isolasi sebelum habis masa karantina.

“Sesuai arahan Pak Presiden, sebelum atlet kembali ke daerah asal agar seegera dikaratina di tempat kedatangan,” tegasnya.

Baca Juga: Utamakan Kuliah, Omzet Atun Stick Turun 50 Persen

Pengalaman PON XX Papua dikatakan Menkes akan jadi catatan untuk gelaran acara berikutnya seperti sepak bola, motor bike. Selain itu memastikan Satgas Covid-19 diberikan kewenangan cukup menegakan proses.

Halaman:

Editor: Muhaemin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bahaya Kopi Pakai Gula Pasir kata dr Zaidul Akbar

Kamis, 14 Oktober 2021 | 05:30 WIB
X