• Kamis, 9 Desember 2021

Pasangan Nikah Siri Bisa Bikin Kartu Keluarga? Ini Penjelasan Kemendagri

- Kamis, 7 Oktober 2021 | 19:20 WIB
foto ilustrasi pasangan suami istri (pixabay)
foto ilustrasi pasangan suami istri (pixabay)

BANTEN RAYA – Fenomena nikah siri ibarat gunung es, kecil dipermukaan namun berdasarkan data banyak yang melakukan praktik ini.

Nikah siri biasa dilakukan oleh satu pasangan pria dan wanita untuk menghalalkan hubungannya secara agama.

Namun demikian, praktik nikah siri ini masih menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Soalnya nikah siri dianggap tidak akan tercatat secara administrasi kenegaraan.

Baca Juga: Cilegon Dapat Hibah 1.000 Lampu Tenaga Surya Senilai Rp100 Miliar

Dilansir bantenraya.com dari pikiranrakyat.com berjudul ‘Kemendagri Sebut Pasangan Nikah Siri Bisa Buat KK dengan Syarat, Berikut Penjelasannya’ Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyebut pasangan yang menikah siri tetap bisa membuat kartu keluarga (KK).

Kabar ini disampaikan Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrulloh. Katanya, setiap penduduk Indonesia wajib terdata dalam KK.

 “Semua penduduk Indonesia wajib terdata di dalam Kartu Keluarga. Bagi yang nikah siri, bisa dimasukkan dalam satu KK,” kata Zudan dalam keterangannya, Kamis, 7 Oktober 2021.

Baca Juga: Kemendagri Soroti Hibah PT Jasa Raharja ke Pemprov Banten

Namun kata Zudan, Kemendagri tidak melegitimasi pernikahan siri. Dia menegaskan, Dukcapil Kemendagri hanya melayani pencatatan kependudukan bagi semua warga, termasuk pasangan nikah siri.

Lebih lanjut, dia menjelaskan pasangan nikah siri itu dicatat dalam satu KK selayaknya suami istri lainnya, akan tetapi Dukcapil akan memberi tanda khusus pada KK pasangan nikah siri.Dalam keterangannya itu, Zudan mengatakan Dukcapil Kemendagri juga memberi syarat tambahan bagi pasangan nikah siri.

Halaman:

Editor: Muhaemin

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X