• Selasa, 16 Agustus 2022

Pandangan Ustad Adi Hidayat Tentang Vaksin Covid-19, Jadi Panduan Umat Islam

- Jumat, 24 September 2021 | 11:10 WIB
Ustad Adi Hidayat  (tangkapan layar youtube.com)
Ustad Adi Hidayat (tangkapan layar youtube.com)

BANTENRAYA.COM – Hingga saat ini pemerintah terus menggencarkan vaksinasi massal kepada seluruh penduduk Indonesia dengan tujuan mempercepat herd immunity dari pandemic Covid-19. Soal vaksin, Ustad Adi Hidayat (UAH) pernah memberikan pandangan.

Ada dua jenis vaksin yang dikenal luas masyarakat yakni Sinovac dan AstraZeneca. Di luar sana ada juga beragam merek vaksin yang sesuai standar kesehatan dan banyak digunakan.

Dalam ceramahnya berjudul EKSKLUSIF! UAH Bicara Tentang Vaksin, part 1 : Sinovac yang di unggah akun adi hidayat official sebagaimana dilihat BantenRaya.com pada Jumat 24 September 2021, ceramah ini merupakan upaya UAH memberikan pandangan hukum (atas vaksin) berdasarkan syariat Islam serta ikut menyosialisasikan apa yang telah dirumuskan para ulama.

UAHBaca Juga: Keluarga Penghafal Quran Dapat Kebahagiaan Dunia dan Akhirat, Ini Penjelasan Ustadz Adi Hidayat

“Dalam kaidah Islam, apa yang kita konsumsi baik dari mult maupun dari bagian yang lainnya, maka secara umum kostruksi hukumnya haruslah halal dan toyyib. Ini kaida dasarnya. Dalil pokoknya ada di QS 2 Al-Baqoroh ayat 168,” kata Ustadz Adi Hidayat.

Halal

Halal menurut UAH artinya secara umum tidak ada masalah atau bebas dari persoalan. “Secara syariat bisa dipandang suci baik dari segi syariah atau materi asalnya atau juga dari segi cara mendapatkannya,” jelasnya.

Misalnya kita bicara vaksinasi kata UAH, harus dicari tahu dari mana bahannya? Apakah bahannya dari hal yang sesuai syariat? Apakah halal bahannya atau ada unsur yang dilarang? Misal ada bahan nasjis dan unsur babi. “Intinya halal itu harus bebas dari bahan haram,” tegas UAH.

UAH melanjutkan, konsepsi halal agar jadi ukuran pertama untuk bisa menggunakan vaksin supaya bisa digunakan untuk umut Islam. “Iini cara pandangan hukm Islam,” terang UAH.

Baca Juga: Ada Waktu Singkat Paling Mustajab Untuk Berdo'a di Hari Jumat, Ini Waktunya Kata Ustadz Adi Hidayat

Halaman:

Editor: Muhaemin

Sumber: YouTube

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Banten Mulai Lewati Masa Puncak Gelombang 3 Covid-19

Selasa, 22 Februari 2022 | 16:16 WIB
X