• Selasa, 18 Januari 2022

Waspada! BMKG Keluarkan Peringatan Potensi Cuaca Ekstrem Selama Pancaroba

- Kamis, 23 September 2021 | 15:00 WIB
Hujan deras mengguyur wilayah Kabupaten Lebak, belum lama ini. BMKG memperingatkan agar warga waspada dengan adanya potensi cuaca ekstrem pada pancaroba. (Hudaya Meidana/Banten Raya)
Hujan deras mengguyur wilayah Kabupaten Lebak, belum lama ini. BMKG memperingatkan agar warga waspada dengan adanya potensi cuaca ekstrem pada pancaroba. (Hudaya Meidana/Banten Raya)

BANTENRAYA.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG mewanti-wanti masyarakat untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem di masa peralihan atau pancaroba dari musim kemarau ke musim hujan. 

“Cuaca ekstrem berpotensi besar terjadi selama musim peralihan. Mulai dari hujan disertai petir dan angin kencang serta hujan es,” ungkap Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam rilis yang diterima Bantenraya.com, Rabu, 22 September 2021. 

Dwikorita mengatakan, arah angin bertiup sangat bervariasi, sehingga mengakibatkan kondisi cuaca bisa dengan tiba-tiba berubah dari panas ke hujan atau sebaliknya.

Baca Juga: Kasus Suami Bunuh Pacar Simpanan Istri di Pandeglang, Dua Pelaku Dibekuk

Namun, secara umum biasanya cuaca di pagi hari cerah, kemudian siang hari mulai tumbuh awan, dan hujan menjelang sore hari atau malam. 

Dwikorita menyebut awan Cumulonimbus (CB) biasanya tumbuh di saat pagi menjelang siang, bentuknya seperti bunga kol, warnanya ke abu-abuan dengan tepian yang jelas.

Akan tetapi, menjelang sore hari, lanjut Dwikorita, awan ini akan berubah menjadi gelap yang kemudian dapat menyebabkan hujan, petir, dan angin

Baca Juga: Banten Bidik Juara Umum Kejuaraan IBA MMA

“Curah hujan dapat menjadi salah satu pemicu bencana hidrometeorologi basah, seperti banjir bandang dan tanah longsor," katanya

"Krenanya, kepada masyarakat yang tinggal didaerah perbukitan yang rawan longsor, kami mengimbau untuk waspada dan berhati-hati,” tuturnya. 

Halaman:

Editor: Jermainne Tirta Dewa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bank bjb Optimis Tatap Tahun 2022 Lebih Cerah

Selasa, 18 Januari 2022 | 10:05 WIB

Fadli Zon Usulkan Ibu Kota Baru Diberi Nama Jokowi

Selasa, 18 Januari 2022 | 09:17 WIB

4 Unit Honda CB150X Terjual di Astra Motor Cilegon

Selasa, 18 Januari 2022 | 06:30 WIB

Bibit Pohon Tin Bisa Didapat Mulai Rp35.000

Selasa, 18 Januari 2022 | 06:09 WIB
X