• Sabtu, 25 September 2021

Ciptakan Generasi Muda yang Kompetitif, Enterpeneur, dan Berkarakter untuk Indonesia Berkemajuan

- Rabu, 15 September 2021 | 17:02 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia Airlangga Hartarto (Istimewa)
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia Airlangga Hartarto (Istimewa)

BANTENRAYA.COM - Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dapat dilakukan untuk mendorong aktivitas kewirausahaan. Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto saat menghadiri acara Program Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PPKMB) Universitas Muhammadiyah Jakarta, Rabu, 15 September 2021.

Menurutnya, saat ini, rasio kewirausahaan di Indonesia masih rendah, yakni sebesar 3,47% dari total populasi. Selain itu, wirausahawan Indonesia juga didominasi oleh pelaku usaha di usia 25-34 tahun.

"Generasi muda yang berkualitas tinggi akan memiliki peran penting sebagai Game Changer sehingga dapat mendorong aktivitas kewirausahaan dan mempercepat penciptaan lapangan kerja," katanya.

Airlangga mengungkapkan, kemampuan adaptasi tinggi, kompetitif, berjiwa entrepreneur, dan berkarakter merupakan prasyarat utama yang perlu dimiliki oleh generasi muda saat ini.
"Kriteria ini akan sangat membantu ketika mendirikan usaha sendiri ataupun bekerja di tempat kerja. Di tengah era digital ini, generasi muda juga diharapkan dapat memanfaatkan talenta digitalnya sehingga tidak hanya berperan sebagai job seeker saja, namun dapat juga menjadi job creator," ujarnya.

Baca Juga: Menko Airlangga : Wanita Pengusaha Indonesia Berperan Penting Dalam Meningkatkan Ekonomi Selama Pandemi dan Memberi Dampak Positif Kepada Masyarakat

Dalam waktu 15 tahun kedepan, lanjut Airlangga, Indonesia diperkirakan membutuhkan talenta digital sebanyak 9 juta orang atau 600 ribu orang per tahun. Pengembangan keterampilan digital diperkirakan akan memberikan kontribusi senilai Rp 4.434 T kepada PDB Indonesia di tahun 2030. Pemanfaatan talenta digital tersebut juga akan berperan sebagai akselerator bagi wirausaha.

"Pemerintah berkomitmen untuk terus bekerjasama dengan seluruh stakeholder, termasuk civitas akademika, dalam mengembangkan ekosistem kewirausahaan. Dalam rangka ini, Pemerintah telah menerbitkan PP No. 7 Tahun 2021 tentang Kemudahan, Perlindungan, dan Pemberdayaan KUMKM. PP ini juga menekankan peran penting lembaga inkubator dalam mendorong pengembangan dan pertumbuhan wirausaha. Saya juga berharap Universitas Muhammadiyah Jakarta dapat berkontribusi menjadi inkubator bisnis baru yang memiliki akreditasi A sehingga dapat membantu mencetak wirausahawan baru yang berkualitas," katanya.

Selain itu, pemerintah juga memberikan dukungan pengembangan talenta digital melalui Gerakan Nasional Literasi Digital, Digital Talent Scholarship, dan Digital Leadership Academy.

Baca Juga: Menko Airlangga : Tingkatkan Produktivitas Industri Kelapa, Pemerintah Terus Mendukung Sektor Kelapa dan Sekretariat ICC yang ada di Indonesia

Halaman:

Editor: Rahmat Kurniawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengedar Ganja Jaringan Sumatera-Banten Digulung Polisi

Jumat, 24 September 2021 | 16:20 WIB

7 BUMN yang Akan Dibubarkan Menteri BUMN Erick Tohir

Jumat, 24 September 2021 | 13:32 WIB

Waspada Penipuan Catut Nama Kajari Serang

Jumat, 24 September 2021 | 12:20 WIB

Greenotel Cilegon Rutin Menggelar Promo Highlight

Jumat, 24 September 2021 | 08:00 WIB

Hampir 7.000 Korban PHK di Banten Tak Terima Bantuan

Jumat, 24 September 2021 | 06:34 WIB
X