• Rabu, 19 Januari 2022

Kemenaker Tegaskan Pegawai WFH 100 Persen Tetap Berhak Dapat Upah

- Minggu, 11 Juli 2021 | 14:30 WIB
uang,
uang,

JAKARTA- Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial (PHI) dan Jamsos Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) Indah Anggoro Putri meminta agar pekerja yang harus bekerja dari rumah atau work from home (WFH) 100 persen tetap mendapat upah. Sebab, itu merupakan hak pekerja.


Jika perusahaan kesulitan membayar upah pekerja di masa pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat, pihaknya mempersilakan menempuh prosedurnya. Mereka bisa menggunakan pedoman dalam Surat Edaran Menaker Nomor M/3/HK.04/III/2020 tentang Pelindungan Pekerja/Buruh dan Kelangsungan Usaha dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19.


BACA JUGA: Disdukcapil Kabupaten Serang Buka Layanan Adminduk Hanya 5 Jam


Apabila ada adjustment besaran upah yang akan diterima pekerja sebagai dampak dari PPKM darurat, harus ada bukti tertulis kesepakatan dari hasil dialog bipartit antara pekerja dan perusahaan.


“Karena hasil dari dialog bipartit menjadi solusi terbaik antara pengusaha dan pekerja,” ujarnya seperti dilansir jawapos.com, Minggu (11/7/2021).


Selain itu, pekerja yang memiliki komorbid, ibu hamil, dan ibu menyusui diminta untuk bekerja dari rumah. Pengusaha diharapkan memberikan izin bagi mereka karena termasuk golongan yang berisiko berat. (jpc)


Saksikan Podcast Meja Redaksi di Banten Raya Channel


https://www.youtube.com/watch?v=AUxiaGeWwC8&t=5s

Editor: Dewa

Tags

Terkini

X