Dana Hibah Senilai Rp 6 Miliar Siap Dicairkan untuk Lembaga Keagamaan di Kabupaten Serang

- Minggu, 19 Maret 2023 | 19:56 WIB
 Ratusan calon peneriman bantuan dari Pemkab Serang mengikuti sosialisasi terkait pengajuan, pencairan, dan pelaporan bantuan dana hibah di aula Tb Suwandi, Pemkab Serang, pekan kemarin. (tanjung bantenraya.com)
Ratusan calon peneriman bantuan dari Pemkab Serang mengikuti sosialisasi terkait pengajuan, pencairan, dan pelaporan bantuan dana hibah di aula Tb Suwandi, Pemkab Serang, pekan kemarin. (tanjung bantenraya.com)

 

 

BANTENRAYA COM - Sebanyak 266 lembaga keagamaan di Kabupaten Serang bakal menerima bantuan dana hibah senilai Rp6 miliar lebih pada tahun 2023 ini. Pencairan akan dilakukan setelah para celon penerima bantuan mengajukan proposal pencairan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang.

Staf Ahli Bupati Serang Bidang Pemerintah Politik, dan Hukum Febrianto mengatakan, tahapan dan mekanisme pencairan dana hibah terlebih dahulu harus disosialisaikan.

"Kita memberikan arahan agar para calon penerima dapat menggunakan bantuan sesuai ketentuan," ujar Febri usiai sosialisasi pengajuan, pencairan, dan pelaporan bantuan di aula Tb Suwandi, Pemkab Serang, pekan kemarin.

Baca Juga: 10 Ribu Kader PKS Banten Sambut Kehadiran Anies Baswedan

Untuk memastikan bantuan tepat sasaran sebelum bantuan diberikan, Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkab Serang melakukan survei dan juga melakukan monitoring setelah bantuan dicairkan untuk memastikan bantuan yang digunakan digunakan sesuai aturan.

"Jangan sampai dengan adanya bantuan timbul permasalahan dikemudian hari, maka penting calon penerima kita kumpulkan untuk diingatkan," katanya.

Kepala Bagian Kesra Pemkab Serang Febrian Riperda mengatakan, calon penerima bantuan yang dikumpulkan merupakan pimpinan lembaga keagamaan yang telah mengajukan proposal pada tahun 2022 melalui aplikasi Serang Open.

"Jumlah yang kita undang 266 orang, ada pimpinan ponpes (pondok pesantren), madrasah, masjid, dan majelis taklim," tuturnya.

Baca Juga: Jadwal Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadhan 2023, Jatuh Pada Tanggal Berapa?

Febri mengungkapkan, pencairan akan dilakukan setelah semua proses tahapan sudah ditempuh dan anggaran di Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) sudah tersedia.

"Setelah proses ini (sosialisasi-red) dan uangnya ada langsung kita proses dan langsung pencairan," paparnya.

Ia menuturkan, besaran bantuan yang akan diterima oleh masing-masing lembaga bervariasi namun rata-rata Rp5 juta per lembaga.

Halaman:

Editor: Wisnu A Mahendra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X