• Kamis, 9 Desember 2021

Angkot Perintis Aweh-Kaduagung Lebak Dinilai Mubazir, Kenapa?

- Minggu, 4 Juli 2021 | 09:26 WIB
IMG-20210704-WA0000
IMG-20210704-WA0000

LEBAK, BANTEN RAYA - Empat unit angkot perintis milik Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Lebak yang dioperasikan untuk trayek Terminal Aweh Kecamatan Kalanganyar-Terminal Kaduagung Kecamatan Cibadak, dinilai mubazir. Pasalnya, penumpang angkot perintins ini selalu sepi.


Pengamat transportasi Lebak Oji Santasi mengatakan, angkot perintis mulai dioperasikan sejak 2019. Namun hingga 2021 penumpang trayek tersebut sangat sepi sehingga empat unit angkot tersebut akhirnya sering dioperasikan ke trayek Terminal Aweh-Sunan Kalijaga.


"Pengoperasian angkot perintis oleh Dishub Lebak sudah dua tahun. Saya perhatikan, penumpang dijalur angkot perintis tersebut masih sepia tau tidak efektif jalur itu," ujar Oji, kemarin.


Mengingat selalu sepi penumpang, sopir angkot perintis kerap ada di trayek lain yang banyak penumpangnya. “Dishub harus melakukan evaluasi trayek agar manfaat angkot perintis lebih baksimal.”


Kepala Bidang Terminal dan Parkir pada Dishub Lebak, Dudi Mulyadi mengatakan, angkot perintis tersebut telah diserahkan pengelolaannya ke Badan Usahan Milik Desa (Bumdes) Kalanganyar serta Bumdes Kaduagung. Terkait sepinya penumpang pihaknya akan segera menemui pengelola.


Saksikan Podcast Meja Redaksi di Banten Raya Channel


https://youtu.be/b7CTwmdLUcI


"Kami bicarakan lagi dengan pihak pengelola agar angkot tersebut sebagaimana mestinya dan bisa bermanfaat bagi masyarakat disekitar trayek Terminal Aweh-Terminal Kaduagung," kata Dudi. (hudaya/muhaemin)

Editor: Redaksi

Terkini

X