• Jumat, 1 Juli 2022

UDD PMI Serang Mulai Layani Donor Plasma Konvalesen, Begini Mekanismenya

- Selasa, 10 Agustus 2021 | 12:15 WIB
PMI Kabupaten Serang
PMI Kabupaten Serang

SERANG, BANTEN RAYA - Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Serang meresmikan pelayanan donor plasma konvalesen. Peresmian donor plasma konvalesen langsung dilakukan oleh Ketua PMI Provinsi Banten Ratu Tatu Chasanah secara virtual yang diikuti oleh pengurus PMI Kabupaten Serang dan Forkopimda.


Tatu mengatakan, semua pihak patut bersyukur atas diluncurkannya donor plasma konvalesen oleh UDD PMI Kabupaten Serang. "Berarti saat ini di Banten ada empat UDD PMI yang sudah bisa melakukan donor plasma konvalesen yakni Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, dan Kabupaten Serang," ujar Tatu, Selasa (10/8/2021).


Tatu yang juga menjabat sebagai Bupati Serang itu berharap, dengan bertambahnya UDD PMI yang melaksanakan donor plasma konvalesen bisa banyak membantu masyarakat yang terkorkonfirmasi positif Covid-19 dan menjalani perawatan yang saat ini kebutuhannya terus meningkat.


"Saya mengajak kepada semua penyintas Covid-19 yang sudah sembuh untuk dapat mendonorkan plasmanya untuk membantu sesama. Para kepala OPD, para camat, para kepala puskesmas, pimpinan rumah sakit, dan pimpinan klinik untuk dapat membantu mendata penyitas yang ada di instansinya. Ajak mereka dan fasilitasi mereka untuk donor plasma," katanya.


Ia mengungkapkan, sampai dengan 9 Agustus UDD PMI Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan sudah mendistribusikan plasma konvalesen sebanyak 5.063 kang. "Untuk rincian golongan darah A+ 1.364 kantong, golongan darah B+ 1.421 kantong,  golongangan O+ 1.936 kantong dan golongan darah AB+ 342 kantong," tuturnya.


Ketua PMI Kabupaten Serang Fahmi Hakim mengaku bersyukur UDD PMI Kabupaten Serang saat ini sudah bisa melayani donor plasma konvalesen. "Kita melaksanan donor plasma konvalesen sebagai iktiar penyelamat warga yang terpapar Covid-19. Karena sudah banyak yang meminta plasma konvalesen ke UDD ini," ujar Fahmi.


Ia mengungkapkan, saat ini UDD PMI Kabupaten Serang sudah memiliki satu unit alat untuk donor plasma konvalesen atas kerja sama dengan vendor. "Untuk petugasnya sudah dilatih semua dan sudah bisa melayani donor plasma konvalesen. Yang bisa donor plasma konvalesen yang sudah 14 hari sembuh dari Covid-19 dan efektifnya tiga bulan," tuturnya.


Saksikan Podcast Meja Redaksi di Banten Raya Channel


https://www.youtube.com/watch?v=b7CTwmdLUcI&t=2s

Halaman:

Editor: Dewa

Tags

Terkini

Banten Mulai Lewati Masa Puncak Gelombang 3 Covid-19

Selasa, 22 Februari 2022 | 16:16 WIB
X