• Minggu, 23 Januari 2022

Judulnya Area Bermain Anak tapi yang Nampang Iklan Rokok, LPA Banten Protes

- Senin, 2 Agustus 2021 | 12:31 WIB
Dewan Pakar LPA Provinsi Banten Uut Luthfi. (1)
Dewan Pakar LPA Provinsi Banten Uut Luthfi. (1)

SERANG, BANTEN RAYA- Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Provinsi Banten dan Forum Anak Banten menyoroti iklan rokok yang masih bertebaran secara massif di area publik, bahkan area bermain anak di Kota Serang. Padahal area bermain anak seharusnya steril dari iklan tersebut yang dinilai dapat mempengaruhi mereka menjadi perokok. 


Dewan Pakar LPA Provinsi Banten Uut Luthfi mengatakan, masih banyaknya iklan rokok di area publik menjadi masalah yang selalu mencuat dalam peringatan Hari Anak Nasionaln setiap tahunnya di Banten. Bahkan ia menyebut, ada iklan rokok yang dipasang di depan kantor dinas yang mengurusi persoalan anak. 


"Setiap tahun ke tahun iklan rokok selalu muncul menjadi pembahasan namun fakta di lapangan di tempat umum misalkan di depan alun-alun, di depan (kantor) dinas yang mengurusi anak ada iklan rokok. Ini sebenarnya tamparan bagi para pengambil kebijakan," kata Lutfi, kemarin. 


Ia menduga, ada ketidaksinkronan antara dinas yang mengurusi masalah anak dengan dinas yang memperbolehkan adanya iklan rokok tersebut. Padahal, seharusnya ada keterpaduan antara satu dinas dengan dinas lain agar tidak kontradiktif dan kontra produktif. 


BACA JUGA: Helldy-Sanuji Kembali Tunaikan Janji Kampanye, Kali Ini Youth Center untuk Tempat Kumpul Milenial


"Setiap OPD tidak boleh ada ego sektoral. Di satu sisi ada OPD yang konsen pada pemenuhan hak anak tapi di sisi lain ada OPD mencederai lahirnya kota layak anak," ujarnya. 


Lutfi juga mengatakan, seharusnya anak-anak dijadikan sebagau subjek pembangunan bukan objek pembangunan. Dengan menjadi subjek pembangunan, maka anak diajak berperan aktif memberikan kontribusi dalam setiap kebijakan pembangunan.  Salah satunya dilibatkan dalam setiap musyawarah perencanaan pembangunan atau musrenbang, baik tingkat desa atau kelurahan, kecamatan, sampai kabupaten/kota. 


"Apakah dalam musrembang desa sudah mengajak anak-anak untuk merencanakan pembangunan bersama orang dewasa?" katanya. 


Ketua LPA Provinsi Banten Hendry Gunawan mengatakan, LPA Provinsi Banten menyoroti masih banyaknya iklan rokok di area publik yang ada di kabupaten/kota di Banten.

Halaman:

Editor: Dewa

Tags

Terkini

X