• Jumat, 28 Januari 2022

Inilah Negara Terkaya di Dunia Hasil Riset Konsultan McKinsey & Co

- Selasa, 16 November 2021 | 20:13 WIB
Grafik kekayaan negara-negara dunia (Pixabay)
Grafik kekayaan negara-negara dunia (Pixabay)

BANTENRAYA.COM – Negara manakah yang terkaya di dunia saat ini?

Baru-baru ini laporan terbaru yang dirilis oleh lembaga riset konsultan McKinsey & Co. yang meneliti neraca nasional sepuluh negara yang mewakili lebih dari 60 persen pendapatan dunia.

Hasilnya penelitian menunjukan bahwa kekayaan global China meningkat tiga kali lipat selama dua dekade terakhir, menyalip AS di posisi teratas negara terkaya di dunia.

Baca Juga: Profil Ustadz Farid Okbah, Ketum PDRI yang Dikabarkan Ditangkap Densus 88

"Kami sekarang lebih kaya dari sebelumnya," kata seorang mitra di McKinsey Global Institute di Zurich, Jan Mischke, dalam sebuah wawancara dilansir dari pikiranrakyat.com, 16 November 2021.

Kekayaan bersih di seluruh dunia naik menjadi 514 triliun dolar AS pada 2020, dari 156 triliun dolar AS pada tahun 2000, menurut penelitian tersebut.

China menyumbang hampir sepertiga dari peningkatan kekayaan dunia tersebut. Kini kekayaan China meroket menjadi 120 triliun dolar dari hanya 7 triliun dolar pada tahun 2000, yang pada tahun sebelumnya bergabung dengan Organisasi Perdagangan Dunia yang mempercepat kenaikan ekonomi di negeri Tirai Bambu itu.

Baca Juga: Warga Bantaran Sungai Ciujung Tetap Gunakan Air Keruh untuk MCK, Ini Penyebabnya

AS, yang tertahan oleh kenaikan harga properti yang lebih rendah, melihat kekayaan bersih lebih dari dua kali lipat selama periode tersebut, menjadi 90 triliun dolar.

Di kedua negara - dengan ekonomi terbesar di dunia - lebih dari dua pertiga kekayaan dipegang oleh 10 persen rumah tangga terkaya, dan bagian mereka yang telah meningkat, kata laporan itu.Seperti dihitung oleh McKinsey, 68 persen dari kekayaan bersih global disimpan di real estat.

Halaman:

Editor: Muhaemin

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Omicron Menggila, Grammy Awards 2022 Resmi Ditunda

Jumat, 7 Januari 2022 | 17:55 WIB
X