• Rabu, 17 Agustus 2022

11 September 2001 World Trade Center Runtuh Diserang Teroris, Ini Cerita Penyintas Tragedi Teror

- Sabtu, 11 September 2021 | 14:58 WIB
Peringatan trgadedi 11 September 2001 Word Trade Center (pixabay.com)
Peringatan trgadedi 11 September 2001 Word Trade Center (pixabay.com)

BANTENRAYA.COM – 20 tahun silam tepatnya 11 September 2001, aksi terorisme mengguncang Amerika Serikat (AS). Sasaran aksi teror ini adalah dua menara kembar simbol kebesaran AS, World Trade Center (WTC) di Manhattan, New York City.

Peristiwa 11 September itu tidak saja mengguncang AS namun umat manusa di dunia. Apalagi aksi teror itu menggunakan empat pesawat komersial AS. Teroris melakukan bunuh diri dengan menabrakan pesawat ke bagian atas WTC.

Dalam kejadian di atas, ada 19 militan yang terkait dengan kelompok ekstremis Islam Al Qaeda yang dinyatakan terlibat dalam aksi teror yang menewaskan hampir 3.000 orang. Dari kejadian ini pula warga dunia terutama AS terpicu untuk memerangi terorisme.

Baca Juga: Ingat, 8 September Hari Aksara Internasional, Kemenristekdikti Gelar Webinar Literasi Digital

Dibawah kepemimpinan Presiden George W. Bush, AS mengejar Al-Qaeda pimpinan buronan Arab Saudi, Osama bin Laden yang diduga bertindak sebagai pembalasan atas dukungan Amerika terhadap Israel, keterlibatan dalam Perang Teluk Persia, dan kehadiran militer AS yang berkelanjutan di Timur Tengah.

Amerika Serikat pun langsung menginvasi Afghanistan dan menggulingkan Taliban karena menolak menyerahkan para pemimpin Al-Qaeda setelah serangan 11 September 2001.Pada 11 September 2001, Janice Brooks baru saja tiba di ruang kerja di lantai 84 Menara Selatan World Trade Center (WTC) ketika dia mendengar ledakan dahsyat.

Janice Brooks adalah seorang penyintas tragedi 9/11 serangan teroris di menara kembar WTC pada 11 September 2001.

Wanita berusia 61 tahun asal London, Inggris itu baru saja pindah ke New York beberapa minggu sebelum tragedi.

Baca Juga: Melihat Kembali Megahnya Banten Internasional Studium yang Dibangun dengan Dana Nyaris Rp 1 Triliun

Halaman:

Editor: Muhaemin

Sumber: PikiranRakyat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X