• Minggu, 3 Juli 2022

Tawarkan Sumbangan Sapi Walikota ke DKM, Nama Sekda Kota Cilegon Dicatut Penipu

- Senin, 5 Juli 2021 | 20:36 WIB
WhatsApp Image 2021-07-05 at 20.21.24
WhatsApp Image 2021-07-05 at 20.21.24

CILEGON, BANTEN RAYA - Nama Sekretaris Daerah Pemkot Cilegon Maman Mauludin dicatut orang tak dikenal dengan menyatakan akan memberikan sumbangan sapi atas nama Walikota Cilegon Helldy Agustian ke Dewan Kemakmuran Masjid (DKM). Masyarakat diminta waspada agar tidak menjadi korban penipuan oknum tersebut.


Hal ini terungkap setelah DKM Al Faizin di Kecamatan Bendungan melaporkan adanya Whatsapp dari Sekda Kota Cilegon yang menyatakan akan memberikan sapi untuk Iduladha dari Walikota Cilegon.


"Selamat malam, sebelumnya saya minta maaf. Apakah ini benar dengan bapak H Didi Rosyadi DKM Al Faizin?," kata penipu yang memakai nomor 0853 1429 93055 itu kepada pengurus DKM Al Faizin Didi Rosyadi. Anehnya, profil Whatsapp sang penipu menggunakan foto mantan Walikota Cilegon Edi Ariadi.


"Maksud saya menghub bpk adalah saya menyampaikan amanah dari Bpk Walikota Helldy Agustian. Bahwasanya beliau dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha akan menyumbang seekor sapi untuk DKM yg Bpk ketuai untuk disembelih pada hari raya tersebut," kata penipu itu lagi.


Penipu kemudian mengirimkan foto Whatsapp bukti pengiriman uang senilai Rp25 juta. "Dana bantuan sudah di transfer ke rek DKM yang bapak ketuai. 15 juta untuk DKM yang bpk ketuai. Tolong nanti yg 10jt disalurkanke Ust Jefri (sahabat Bpk Walikota). Beliau pemilik panti asuhan Al Amin. Karena dari tadi siang Ust Jefri saya hub tidak bisa," kata dia.


Penipu kemudian mengirimkan nomor Jefri Saputra yang disebutkan sahabat Walikota Cilegon Helldy Agustian di nomor 081233311795. "Mohon secepatnya hub ust Jefri. karna ini amanah dr Bpk walikota. Sampein saja ke Ust Jefri bahwa ada titipan dari Bpk Helldy Agustian. terimakasih," kata penipu tersebut.


Penipu itu juga mengirimkan Whatsapp ke Ketua DKM Nurul Yakin Haerullah dengan konten yang sama. "Sebelumnya saya minta maaf. Apakah ini benar dengan Bpk Herulloh ketua DKM Nurul Yakin? Assalamu'alaikum. Selamat sore. Perkenalkan saya Bpk Maman Maulidin dari Setda Kota Cilegon. Maksud saya menghub Bpk adalah saya menyampaikan amanah dari Bpk Walikota Helldy Agustian. Bahwasanya beliau dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha akan menyumbang seekor sapi untu DKM yg Bpk ketuai untuk di sembelih pada hari raya tersebut. Amin YRA," kata si penipu.


Ia kemudian mengirimkan pesan lanjutan. "Sumbanganya berupa dana yang ditransfer ke rekening/Lembaga/DKM untuk dibelikan seekor sapi. Nanti ketika dana sudah dibelikan Sapi, perwakilan dari kami datang ke lokasi untuk memastikan bahwa dana benar2 disalurkan," tutur si penipu dengan modus dan urutan yang sama.


Walikota Cilegon Helldy Agustian menyatakan bahwa nomor tersebut bukan nomor Sekda Kota Cilegon. "Nomer telepon Pak Maman palsu. Ada-ada saja," kata Helldy. (marjuki)

Halaman:

Editor: Redaksi

Terkini

Profil Dr Sunardi yang Ditembak Mati Densus 88

Jumat, 11 Maret 2022 | 10:00 WIB
X