• Jumat, 28 Januari 2022

Petani Melon Karangtengah Panen Raya

- Rabu, 25 Agustus 2021 | 07:00 WIB
IMG_20210823_114837_resize_89
IMG_20210823_114837_resize_89

CILEGON, BANTEN RAYA – Kelompok Tani Karya Muda Mandiri yang berlokasi di Lingkungan Karangtengah, Kelurahan Pabean, Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon tengah melangsungkan panen raya golden melon berjenis alisa. Panen tersebut diperkirakan mampu menghasilkan kurang lebih 5 ton golden melon


Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Provinsi Banten Oong Sahroni mengatakan, secara simbolis panen raya sudah dilakukan Sabtu (21/8) oleh Walikota Cilegon Helldy Agustian, dan yang tengah berlangsung saat ini adalah panen lanjutan. “Panen raya pertamanya sudah secara simbolis oleh Pak Walikota hari Sabtu kemaren, dan ini panen lanjutan,” kata Oong kepada Banten Raya, Senin (23/8).


Ia mengungkap, kebun melon yang saat ini sedang melakukan masa panen merupakan hasil dari program stimulan yang diberikan pemerintah provinsi kepada KTNA Provinsi Banten yang kemudian disalurkan kepada petani lokal di wilayah Karangtengah khususnya Kelompok Tani Karya Muda Mandiri.


“Kebetulan ini program pertama dari provinsi, jadi kita bisa bantu secara stimulan dan belum maksimal. Kami ingin lihat terlebih dahulu apakah ketika di support dengan anggaran ini petani benar-benar bisa sejahtera atau tidak,” ucap Oong. 


Ternyata, fakta yang terjadi di lapangan sungguh menggembirakan, dari 2.500 bibit melon yang ditanam tumbuh secara normal dengan hasil yang maksimal. Langkah selanjutnya yang akan dilakukan, pihaknya akan kembali mendukung untuk melakukan perluasan lahan. Selain itu, kebun melon ini bisa sekaligus digunakan untuk tempat agrowisata masyarakat. 


“Ya tentunya, jika hari ini sama seperti hari kemarin kita termasuk orang yang merugi. Kita ingin yang hari ini hanya menanam di luas tanah 2.500 meter persegi, ke depan kita bisa tingkatkan menjadi minimal 1 hektare. Kami berkomitmen, ketika melihat hasil menggembirakan seperti ini dan bisa mensejahterakan para petani, kenapa tidak pemerintah hadir di tengah-tengah petani yang hari ini butuh support dari pemerintah,” ujarnya. 


Kepala Seksi Tanaman Hortikultura Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Cilegon Sutisna mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pertanian Provinsi Banten yang sudah mempercayakan program melon tersebut untuk ditanam di wilayah Cilegon. “Saya berterimakasih kepada Dinas Pertanian Provinsi Banten terkait dengan program melon,” kata Sutisna.


Ia mengatakan, di tengah situasi pandemi seperti ini prospek pertanian dan agribisnis cukup menjanjikan. Selain itu, pertanian juga dapat mensejahterakan masyarakat. “Saya melihat ada prospek yang cukup baik dari petani di tengah situasi pandemi saat ini, ternyata bertani dan agribisnis itu sangat menjanjikan dan dapat mensejahterakan petani kita,” ungkapnya. (predy)

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Harga Motor Seken di Kota Cilegon Januari 2022

Jumat, 28 Januari 2022 | 09:30 WIB

Bertajuk Festival Lunar, ACE Hardware Bertabur Promo

Jumat, 28 Januari 2022 | 00:14 WIB

Cau Cau Kripik Pisang Gula Aren Makin Berkembang

Kamis, 27 Januari 2022 | 06:30 WIB

Cek Tagihan Listrik Lebih Mudah dengan SwaCAM PLN

Senin, 24 Januari 2022 | 19:45 WIB
X