Jabatan Ketua RT dan RW di Kota Serang Ditambah Jadi 5 Tahun, Ini Alasannya

- Senin, 7 November 2022 | 05:30 WIB
Asda I Kota Serang Subagyo.
Asda I Kota Serang Subagyo.

BANTENRAYA.COM - Masa jabatan Ketua Rukun Tangga dan Rukun Warga (RT RW) di Kota Serang rencananya akan diperpanjang hingga lima tahun.

Saat ini masa jabatan satu periode Ketua RT RW masih tiga tahun.

Rencana menambah masa jabatan Ketua RT RW ini disampaikan Lurah Banjarsari, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, Roni Rohimat.

Roni Rohimat mengatakan, Pemerintah Kota atau Pemkot Serang tengah membahas pembuatan peraturan walikota atau Perwal tentang perpanjangan jabatan Ketua RT RW.

Baca Juga: Perlu Alat Khusus? Simak Cara Melihat Gerhana Bulan Total 8 November 2022 yang Bisa Diamanati di Indonesia

"Perwal tentang RT RW, karena Ketua RT RW untuk tahun yang akan datang menjabat selama lima tahun," ujar Roni Rohimat, kepada Bantenraya.com, Minggu 6 November 2022.

Sementara itu, Asisten Daerah atau Asda I Kota Serang Bidang Pemerintahan, Subagyo mengatakan, rencana menambah masa jabatan Ketua RT RW selama tahun satu periode masih dalam pembahasan.

"Masih dibahas dibagian hukum dan pemerintahan. Melibatkan camat dan kelurahan, karena mereka bersentuhan langsung dengan Ketua RT RW. Karena diperwal bukan hanya berbicara regulasi nasional, tapi muatan lokal," jelas dia.

Baca Juga: Jadwal dan Lokasi Pengamatan Gerhana Bulan Total 8 November 2022, Indonesia Kebagian?

Subagyo menerangkan, dalam Permendagri Nomor 5 Tahun 2017 jabatan Ketua RT RW di kelurahan tiga tahun, sedangkan di desa lima tahun.

Didalam Permendagri Nomor 5 Tahun 2017 sudah dicabut, tidak berbicara kelurahan dan desa, jadi menyesuaikan.

"Jadi masih pembahasan diPerda kita belum berubah. Perda tentang lembaga kemasyarakatan tahun 2013," terangnya.

Baca Juga: 11 Negara yang Tidak Mungkin Tampil di Piala Dunia FIFA Sampai Kapanpun, Ada Daerah Asal Klub Raksasa Eropa

Menanggapi hal itu, Ketua RT 04 RW 05 Perumahan Lebak Indah, Kelurahan Terondol, Kecamatan Serang, Rohman mengaku, pihaknya sebagai penyelenggara pemerintahan tingkat bawah siap mengikuti kebijakan dari pemerintah daerah.

"Menurut saya apapun kebijakan dari pemerintah kota kita selaku RT mengikuti saja, untuk bisa membantu mensukseskan program-program Pemerintah Kota di masyarakat khususnya dalam lingkup ke RTan," kata Rohman, kepada Bantenraya.com, Minggu 6 November 2022.  ***

Editor: M Hilman Fikri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Stunting di Kota Serang Hampir Mencapai 2.000 Kasus

Kamis, 1 Desember 2022 | 06:27 WIB
X