Desa Digital di Kabupaten Serang Resmi Dilaunching

- Kamis, 13 Oktober 2022 | 18:27 WIB
 Bupati Serang Rt Chasanah melayani warga yang sedang membayar pajak pada acara launching desa digital di Desa Sindangheula, Kecamatan Pabuaran, Kamis 13 Oktober 2022.
Bupati Serang Rt Chasanah melayani warga yang sedang membayar pajak pada acara launching desa digital di Desa Sindangheula, Kecamatan Pabuaran, Kamis 13 Oktober 2022.

BANTENRAYA.COM - Bupati Serang Rt Tatu Chasanah resmi melaunching enam desa digital di Kabupaten Serang.

Desa digital merupakan kerja sama antara Pemkab Serang dengan Bank Jabar Banten (BJB) yang salah satu layanannya yaitu siswa dapat menabung ke bank hanya dengan Rp1.000.

Enam desa yang menjadi percontohan desa digital yaitu Desa Sidamukti Kecamatan Baros, Desa Domas Kecamatan Pontang, Desa Situ Terate Kecamatan Cikande, Desa Tenjo Ayu Kecamatan Tanara, Desa Cijeruk Kecamatan Kibin dan Desa Sindangheula Kecamatan Pabuaran.

Baca Juga: Rizky Billar Berbaju Tahanan, Resmi Jadi Tersangka dan Ditahan Kasus KDRT Terhadap Lesti Kejora

"Alhamdulillah Pemkab Serang bersama BJB di bawah arahan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) kita memanfaatkan kemajuan digital untuk pelayanan di tingkat desa. Dengan adanya Desa digital ini sangat membantu pemda dan masyarakat," ujar Tatu usai acara di kantor Desa Sindangheula, Kecamatan Pabuaran, Kamis 13 Oktober 2022.

Adapun keuntungan bagi Pemkab Serang yakni untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) karena masyarakat bisa membayar pajak bumi dan bangunan (PBB) di kanto desa, sedangkan keuntungan bagi masyarakat bisa menabung dan bisa melakukan tarik tunai serta pelaku usaha mikro bisa menggunakan fasilitas kredit mesar maskimal Rp5 juta tanpa agunan.

"BJB menyiapkan alat dan sistemnya, sedangkan perangkat SDM (sumber daya manusia)nya dari desa. Targetnya semua desa 326 menjadi desa digital," katanya.

Baca Juga: Ini Alasan Hotma Sitompul Minta Surat Permohonan untuk Rizky Billar Agar Tidak Ditahan

Pemimpin Bank BJB KCK Banten Budiatmo Sudradjat mengungkapkan, ada 24 desa yang sidah aktif Laku Pandainya namun baru enam desa yang menjadi desa digital karena untuk desa yang lain belum ada fasilitas penyaluran kredit dan baru akan dilengkapi tahun ini.

Halaman:

Editor: M Hilman Fikri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X