• Rabu, 30 November 2022

PCM dan KBS Bisa Dirikan Perusahaan Gabungan Bangun Pelabuhan Warnasari di Cilegon

- Selasa, 27 September 2022 | 20:06 WIB
 Lahan milik PT PCM yang akan dibangun Pelabuhan Warnasari, kemarin.    (Gillang BantenRaya.com)
Lahan milik PT PCM yang akan dibangun Pelabuhan Warnasari, kemarin. (Gillang BantenRaya.com)

BANTENRAYA.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon dan PT Krakatau Steel telah menjalin kesepakatan kerja sama. Kerja sama dilakukan dalam rangka sinergitas Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemkot Cilegon dengan anak perusahaan PT Krakatau Steel.

Kerja sama diantaranya terkait pembangunan Pelabuhan Warnasari, optimalisasi pemanduan dan penundaan kapal, pembangunan pergudangan di lahan Warnasari, peningkatan pelayanan air minum serta landing dan funding skema syariah.

Asisten Daerah II Setda Kota Cilegon, Tb Dikrie Maulawardhana selaku Ketua Tim Kerjasama Pemkot Cilegon mengatakan, pasca kerjasama ditandatangani dan dituangkan dalam berita acara, ketiga BUMD Cilegon sesegera mungkin menindaklanjutinya. Ketiga BUMD Cilegon yakni PT Pelabuhan Cilegon Mandiri (PCM), Perumda PDAM Cilegon Mandiri dan PT BPRS Cilegon Mandiri.

Baca Juga: 487 Bidang Tanah Milik Pemkot Cilegon Belum Bersertifikat

"Sekarang itu bukan wilayah Pemkot lagi, tapi antara BUMD Cilegon dengan anak perusahaan KS. Jadi tiga BUMD kita sesegera mungkin membangun komunikasi," kata Dikrie, Selasa (27/9)

Dikri menjelaskan, porsi kerja sama yang dijalin PCM memang jauh lebih komprehensif dibanding BUMD lainnya. Sebab PCM mengikat kerjasama dengan PT Krakatau Bandar Samudra kaitan pembangunan Pelabuhan Warnasari dan kerjasama pandu dan tunda kapal tugboat.

Kemudian PCM juga kerja sama dengan PT Krakatau Sarana Infrastruktur (KSI) terkait pembangunan dan pengelolaan Kawasan Industri dan pergudangan di lahan Warnasari.

Baca Juga: ‘Begitu Sulit Lupakan Rehan’ Viral di TikTok Ternyata Lagu Cukup Dikenang Saja dari Junas Monkey

"Soal kerjasama Pembangunan Pelabuhan Warnasari, pembahasan akan lebih khusus lagi. Karena ada berbagai kemungkinan opsi kerjasama. Diantaranya wacana pembentukan perusahaan baru atau Joint Venture Company atau bisa juga dengan kerjasama operasi atau KSO," ujarnya.

Halaman:

Editor: M Hilman Fikri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X