• Rabu, 30 November 2022

Kemendagri kenalkan aplikasi android yang bisa membuat petani seluruh Indonesia mengobrol dewasa

- Selasa, 30 Agustus 2022 | 20:09 WIB
 Peserta forum diskusi daerah pengembangan model bisnis pertanian foto bersama di aula Bappeda Kabupaten Serang, Selasa 30 Agustus 2022.
Peserta forum diskusi daerah pengembangan model bisnis pertanian foto bersama di aula Bappeda Kabupaten Serang, Selasa 30 Agustus 2022.

BANTENRAYA.COM - Petani dari Desa Margasana, Kecamatan Kramatwatu dan dari Desa Cipayung, Kecamatan Padarincang diberi sosialisasi mengenai manfaat aplikasi matani.id.

Aplikasi yang dibuat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) itu mendukung peningkatan pendapatan petani.

Koordintaor lapangan Information and Communication Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Program (ICT-IPDMIP) Provinsi Banten Ene Sa'diyah mengatakan, sebagai tindaklanjut program IPDMIP di Kabupaten Serang Dirjen Pembangunan Daerah (Bangda) Kemendagri membuat program ICT untuk para petani.

Baca Juga: Hukum rebo wekasan dan nasib sial beruntun di akhir bulan Safar, begini kata UAS

"Melalui program ICT-IPDMIP ini bagaimana membuat model bisnis pertanian di era digitalisasi. Salah satunya di dalam ICT ini produknya sebuah aplikasi namanya matani.id yang bisa di download di play store," ujar perempuan yang akrab dipanggil Diah itu, Selasa 30 Agustus 2022.

Ia mengungkapkan, melalui aplikasi matani.id itu para petani di Kabupaten Serang bisa mengobrol dengan petani lain di Indonesia untuk berbagai pengetahuan.

"Jadi aplikasi ini mirip dengan facebook, petani bisa buat status dan komentar mengenai pertanian, ada artikel-artikel terkait pertanian baik pembenihan, penanaman dan yang lainnya," katanya.

Baca Juga: Sedang asyik nyabu dibekuk polisi, dua pemuda Pandeglang ini simpan barang bukti di tempat rahasia

Namun aplikasi matani.id ini, lanjut Diah baru tahap sosialisasi dan masih terus dilakukan pembaharuan oleh Kemendagri karena terdapat empat komponen di dalamnya.

Halaman:

Editor: M Hilman Fikri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Desa Digital di Kabupaten Serang Resmi Dilaunching

Kamis, 13 Oktober 2022 | 18:27 WIB

Lapis Legit Fave Kitchen Tembus Amerika dan Tanah Suci

Kamis, 8 September 2022 | 09:38 WIB
X